Senin, 13 Juli 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 23 Januari 2020 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Netizen dihebohkan dengan aksi seorang pria bule yang justru lebih perhatian terhadap kondisi sampah plastik di Indonesia. Bersama organisasi lingkungan internasional, sang bule mengajak 1.000 relawan untuk membersihkan salah satu pantai di Tangerang.

Mereka bahkan mengklaim pantai itu sebagai salah satu pantai tercemar di dunia.

Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan, Bule Bolang menemukan bahwa terdapat sekitar 74 ribu ton sampah.

Sebagian besar sampah yang ditemukan merupakan sampah plastik.

Sejauh ini, mereka baru memperoleh 200 orang relawan dari 1.000 relawan yang mereka butuhkan.

Channel YouTube Bule Bolang mengajak 1.000 orang Indonesia membersihkan salah satu pantai di Tangerang. (YouTube/ Bule Bolang)

 

Bule Bolang yang akrab dipanggil sebagai Ryan Mac telah bekerja sama dengan organisasi lingkungan internasional bernama Restoring Integrity to The Oceans (RIO).

Organisasi lingkungan tersebut mempunyai misi membersihkan sampah plastik yang disinyalir mencapai 8 juta meter persegi di seluruh samudra di dunia.

Ilmuwan di RIO percaya bahwa tahun 2050 nanti, jumlah berat plastik di seluruh samudra akan melebih jumlah ikan yang ada di seluruh dunia.

Untuk itu, mereka langsung bergerak untuk membersihkan pantai paling tercemar di dunia. Kali ini mereka akan melakukan langkah awal pembersihan di Pantai Tanjung Burung di Tangerang.

Mereka mengklaim bahwa sampah plastik pada pantai di Tangerang ini mencapai puluhan ribu ton dan sebagian di antaranya berumur lebih dari 40 tahun.

Dalam situs resmi RIO, pimpinan proyek bernama Kieran Kelly menjelaskan bahwa 100 persen sampah plastik yang ada akan didaur ulang menjadi sepatu olahraga.

Mereka akan melakukan pembersihan 74 ribu ton sampah di Pantai Tanjung Burung pada tanggal 8 dan 9 Februari 2020.

Psotingan ajakan yang mereka unggah berhasil viral di Facebook setelah dibagikan lebih dari 240 kali oleh netizen.

Jika tertarik mengikutinya, maka kamu bisa mendaftar melalui fanspage atau situs resmi yang sudah kami bagikan di artikel ini.

Ajakan orang bule untuk membersihkan pantai di Indonesia ini membuat netizen merasa miris dan malu.

"Saya warga Teluknaga, Tangerang merasa malu, karena menutup mata atas masalah sampah ini, saya menyatakan akan ikut membantu Ryan Mac dan dengan beberapa teman-teman saya di sini, sampai ketemu nanti di Tanjung Burung Mr.Ryan Mac, Terima Kasih!" komentar Moch Wahyu.

"Benar-benar malu sebagai orang Indonesia sama orang ini. Asli!" tulis M Rivaldy.

"Orang luar peduli dengan Bumi Pertiwi. Mulailah dari diri sendiri kawan, sungai bukan tempat pembuangan sampah!" pendapat Bayu A Nugraha.

Itulah tadi ajakan orang bule untuk membersihkan sampah plastik di Indonesia sehingga membuat netizen malu dan viral di Facebook, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

Niat Pamer Foto Romantis di Alam, Bule Ini Malah Jadi Ejekan Netizen