Minggu, 31 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 22 Januari 2020 | 12:00 WIB

Hitekno.com - Lagi-lagi permasalahan antar customer dengan pengemudi ojek online atau driver ojol jadi viral di media sosial. Kali ini keributan terjadi karena perkara biaya parkir Rp 3.000 saja.

Kisah yang viral di media sosial ini dibagikan akun Facebook Maemunah sebagai driver ojol, ia diminta untuk membatalkan pesanan hanya masalah biaya parkir.

Dibagikan pada 19 Januari 2020, pemilik akun mengunggah beberapa foto berupa tangkapan layar berisi pesan dalam aplikasi ojol antara customer dan driver ojol.

Dalam foto tersebut terlihat driver ojol memberi tahu kepada penumpangnya bahwa ada biaya tambahan parkir sebesar Rp 3 ribu.

Diketahui pengguna memesan makanan crepes di salah satu mall di Surabaya, sehingga pengemudi harus masuk ke dalam lahan parkir mall dan membayar biaya parkir.

Namun, customer ini menolak penambahan biaya tersebut dan meminta dibatalkan (cancel) pesanannya.

"Nggak apa-apa ya, parkir 3 ribu," tulis Maemunah si driver ojol.

"Iya paham... cuma biasanya saya nggak pernah dapet tambahan biaya parkir selama setiap hari saya pesan crepes," jawab customer.

"Saya nggak berani parkir liar," tulis Maemunah.

"Udah batalkan saja. Ya harusnya tadi nggak di oke dulu supaya saya bisa cancel. Kalau ini nggak bisa, ibu aja yang cancel," tambah customer.

Tangkapan layar chat driver ojol minta cancel karena biaya parkir Rp 3 ribu. [Twitter]

 

Tetapi baik driver ojol ataupun customer tidak bisa melakukan pembatalan pemesanan dan mengharuskan menelepon ke perusahaan ojek online untuk membatalkan pesanan.

Meski begitu, customer yang diketahui bernama Ronal ini mengaku tidak memiliki pulsa menelepon dan malas berbicara.

"Maaf ini resto pilihan, driver nggak bisa cancel juga," jelas Maemunah.

"Ya terus gimana... bukan masalah uangnya, tapi saya nggak setuju aja," tulis customer.

"Silakan telepon CS kak. Saya hanya menjalankan orderan masuk dan nggak boleh nolak orderan," jawab Maemunah lagi.

"Saya telepon pulsa habis belum nutut ngomongnya. Ibu jalanin ajalah. Jalanin jalan aja tanpa pesen," tulis customer.

"Maaf saya nggak bisa jalanin pesanan tanpa pesanan. Resto pilihan harus ambil pesanan," jelas Maemunah.

"Repot dah. Yaudah saya biarin aja," sahut customer.

"Ya udah saya ikhlas buat parkirnya. Saya pesankan nggak usah parkir nggak apa-apa," tulis Maemunah mengalah.

"Nggak usah, saya udah mangkel. Jalanin nanti dibayar 16 ribu ketemu anak saya aja. Baru ini saya pesen Grab kayak gini. Namanya parkir itu nggak pernah ada. Kecuali saya yang ke restonya," sahut customer.

"Bukti sudah saya fotokan di atas. Pesan di mall di mana-mana masuk parkir," jelas Maemunah yang sebelumnya telah melampirkan foto bukti biaya parkir mall.

Tangkapan layar chat driver ojol minta cancel karena biaya parkir Rp 3 ribu. [Twitter]

 

Meski sudah dijelaskan, namun pengguna tersebut tetap menolak dan meminta pengemudi untuk melakukan pesanan dan bertemu dengan anaknya.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 799 kali ke sesama pengguna Facebook ini pun menuai beragam komentar dari netizen.

"Ya ampun cuma parkir 3rb ajah smpe cancel orderan...itu org pelitnya waarrrrr biasyahhhhhhhhh....," kata Ariana Pawesti.

"Ih dasar pelit, masa disuruh bayar parkir 3000 aja malah mau cancel," komentar Ratih Haryani.

"Gue kalau pesen makanan lewat ojol, kalau lagi ada rejeki suka ditambahin soalnya mindset gue ya gue yang minta tolong. Kalau lagi nggak ada rejeki gue cuma bisa kasih bintang lima dan terima kasih," tambah A Did.

"Amit-amit dah, seharusnya kita sadar diri. Nggak di mall pun pasti ada tukang parkirnya, jadi harusnya kita ngertiin sendiri tanpa harus dikasih tau, kita kasih lebih yaa karena itu. Kita pun masuk mall atau pinggir jalan beli makan bawa kendaraan selalu ada kang parkir. Nggak ngerti sama manusia kayak gitu masih ada aja di dunia," ungkap Aniis Ajjah Aniis.

"Logika aneh... Dia pesan Grab menghindari biaya parkir klu ke resto sendiri... Emang kalau grab yg ke resto terbang nggak pakai motor ," komentar Noer Kharym.

Itulah kisah driver ojol yang mendapatkan cancel order dari customer gara-gara biaya parkir Rp 3.000 saja. Kisah ini bikin ramai netizen hingga viral di media sosial. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).