Sabtu, 29 Februari 2020

CEK FAKTA: Heboh Gadis Bertubuh Ular Bikin Gempar Netizen, Benarkah?

Benarkah ada gadis bertubuh ular seperti ini?

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita
cloud_download Baca offline
Gadis ular bikin gempar netizen. (turnbackhoax.id)
Gadis ular bikin gempar netizen. (turnbackhoax.id)

Hitekno.com - Sepat heboh sebuah artikel dengan menampilkan foto seorang gadis bertubuh ular. Jelas saja membuat gempar netizen hingga viral di Facebook.

Artikel berjudul Gadis Ular Gemparkan Thailand dalam situs helloworld-ntjsvrx6uq-an.a.run.app. viral di Facebook.

Salah satunya dibagikan oleh pemilik akun Norasemen Petrozza pada Rabu (8/1/2020). Dalam foto artikel tersebut tampak seorang bocah perempuan bertubuh ular.

Sementara dalam artikel tersebut berisi narasi unggahan sebagai berikut.

Gadis berusia 8 tahun, Mai Li Fay, dari Bangkok, adalah jauh dari kehidupan yang biasa seorang gadis sebayanya.

Setiap hari, beribu-ribu orang datang berkunjung dan berkumpul di depan rumah keluarganya untuk mengambil peluang melihat dan menyentuh gadis itu, yang dianggap oleh penganut buddha dan hindu sebagai boleh memberikan nasib baik.

Menurut pakar perubatan terkemuka Thailand, Dr Ping Lao, gadis muda itu mengalami sindrom yang jarang berlaku dikenali sebagai Malianorcis Serpentosis atau penyakit Jing Jing, yang menjadikan badan lebih rendah, berbentuk reptilia yang berbeza dari manusia biasa.

Hanya segelintir kes-kes seumpamanya telah direkodkan sepanjang sejarah, jadi pengetahuan saintifik terkumpul berkaitan kes seumpama itu agak terhad dan tidak ada penyelesaian perubatan sehingga waktu ini.

Keluarga menerima keadaan Mai Li dengan perasaan bercampur, kesedihan dan kegembiraan.

Sedih dengan keadaan Mai Li, tapi gembira kerana sebagai keluarga miskin, kehadiran tetamu yang tidak berkesudahan (pelancong dan tetamu agama) telah menjadikan keluarga miskin ini beroleh pendapatan yang besar dan meningkatkan taraf hidup mereka.

Source: kisah aneh dan pelik

Gadis ular gemparkan Thailand. (turnbackhoax.id)
Gadis ular gemparkan Thailand. (turnbackhoax.id)

Tak berselang lama setelah diunggah, postingan Norasemen Petrozza telah mendapat 13 komentar dan dibagikan sebanyak 11 kali.

Lantas benarkah gadis ular gemparkan Thailand?

Penjelasan

Hasil penelusuran turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, postingan tersebut tidak benar.

Artikel mengenai gadis ular di Thailand merupakan berita palsu yang telah beredar sejak 2014. Sejumlah sumber pernah mengupas artikel serupa.

Seperti situs Bangkok Post lewat pemberitaan berjudul "Not the New: Stories that turned out to be hoaxes" yang dimuat pada 24 Januari 2014.

Gadis ular gemparkan Thailand. (turnbackhoax.id)
Gadis ular gemparkan Thailand. (turnbackhoax.id)

Dalam artikel tersebut disebutkan ada kejanggalan dalam narasi yang beredar terutama mengenai nama gadis bertubuh ular.Sebab, di negara Thailand, penggunaan nama seseorang biasanya panjang-panjang seperti Pimchanok Phungbun Na Ayudhya atau Sumati Sivasiamphai.

Sedangkan gadis itu bernama Mai Li Fay. Begitu pula dengan nama dokter yang menangangi Mai Li Fay juga tidak lumrah di Thailand, yakni Dr. Ping Lao.

Sementara itu, dari hasil penelusuran Hoax Slayer, kabar gadis bertubuh ular muncul pertama kali lewat laman satir Wolrd News Daily.

Gadis ular gemparkan Thailand. (turnbackhoax.id)
Gadis ular gemparkan Thailand. (turnbackhoax.id)

Lebih jauh, situs Hoax Slayer juga menyoroti penyakit yang diderita gadis itu yakni "Serpentosis Malianorcis" atau Jing Jing. Hasilnya tidak ditemukan nama penyakit serupa. Selain itu nama Dr. Ping Lao tidak terdaftar di Thailand.

Kesimpulan

Artikel Gadis Bertubuh Ular Gegerkan Thailand adalah palsu atau masuk dalam kategori Fabricated Content. Akun Norasemen Petrozza sengaja membagikan berita lawas untuk menipu.

Faktanya, di negara Thailand tidak ditemukan kisah gadis bertubuh ular bernama Mai Li Fay seperti kabar yang viral di Facebook tersebut. (Suara.com).

Terkait

Terkini