Selasa, 11 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 09 Januari 2020 | 19:15 WIB

Hitekno.com - Belum lama ini salah satu netizen di Twitter @ILHAMDZIKIRULLOH menceritakan pengalaman tak menyenangkan yang dialami dirinya terkena hacker berantai di Instagram.

Dalam unggahan thread-nya, ia menceritakan kronologis panjang yang membuat dirinya dan teman-temannya terkena hack akun Instagram-nya dan akunnya disalahgunakan.

Ia menceritakan bahwa ia mendapatkan pesan pribadi di Instagram dari temannya yang ia kenal, temannya mengatakan akan mengirimkan pesan ke email untuk proses covering Gmail miliknya.

Pesan pribadi di Instagram tersebut, ia juga meminta untuk konfirmasi email dan menyebutkan kode yang muncul di email.

Hacker berantai di Instagram. (Twitter/@ILHAMDZIKIRULLOH)

 

Alhasil akun Instagram-nya diambil alih oleh sang hacker. Mulai dari email, nomor telepon hingga password Instagram diubah oleh hacker.

Karena hal tersebut, pemilik akun tak bisa mengakses akun Instagramnya.

Parahnya lagi akun tersebut digunakan untuk menghubungi semua kontak dan teman pemilik asli Instagram untuk dipinjami uang.

Awalnya ia marah pada temannya yang menghubunginya dan hack Instagram miliknya. Namun, usut punya usut, pemilik akun yang dibuat untuk menipu juga sudah diambil alih oleh si hacker.

Ia berusaha meminta bantuan pada temannya yang bisa mengatasi hacking seperti ini dan dalam akunnya dapat kembali pulih karena nomor telepon dan link Facebook belum diganti oleh hacker tersebut.

Hacker berantai di Instagram. (Twitter/@ILHAMDZIKIRULLOH)

 

Usai kembali, ia mendapati banyak sekali temannya yang di DM oleh si hacker untuk digunakan meminjam sejumlah uang melalui OVO dan dua orang temannya telah terjebak dalam permainan si hacker.

Ia bahkan sempat melaporkan kejadian yang meninmpanya pada pihak kepolisisan cyber crime, namun ia tak bisa memperpanjang masalah ini karena ia bukan orang yang kehilangan material,

Banyak teman yang sudah terlanjur transfer mengatakan nomor telepon OVO pelaku, setelah dicek WhatsApp dengan nomor tersebut bukanlah foto asli melainkan foto salah satu korban yang juga pernah dihack.

Hacker berantai di Instagram. (Twitter/@ILHAMDZIKIRULLOH)

 

Hal ini diketahui saat ia menyebarkan utas panjang tersebut dan menampilkan wajah seorang perempuan berkerudung di Twitter. Salah satu netizen tersebut mengaku bahwa foto perempuan tersebut adalah dirinya dan ia merupakan salah satu korban yang Instagram-nya yang juga terkena hack.

Penipu atau hacker berantai tersebut memakai nama ''Rizky Hidayatullah'' untuk akun OVO-nya, setelah ditelusuri ia merupakan penipu dan hacker yang sudah lintas platform termasuk Instagram dan Facebook.

Ramainya peristiwa ini bisa menjadi pelajaran untuk banyak orang untuk lebih berhati-hati lagi saat menggunakan media sosial baik Twitter, Instagram dan Facebook.

Kisah hacker berantai Instagram ini lantas menarik perhatian netizen dan mendapatkan lebih dari 27 ribu retweets dan 22 ribu likes di Twitter.

BACA SELANJUTNYA

Kecil Wajah Arab Tapi Dewasa Jadi Melayu, Foto Cewek Ini Bikin Salfok