Senin, 25 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 05 Januari 2020 | 11:10 WIB

Hitekno.com - Banjir yang menerjang wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya tidak hanya menimbulkan korban manusia. Namun juga dengan hewan peliharaan seperti Anjir.

Seekor anjing di Depok, Jawa Barat terjebak banjir. Beruntung warga dan petugas pemadam kebakaran (Damkar) sigap menyelamatkannya.

Momen penyelamat anjing yang terjebak banjir ini didokumentasikan oleh Gala Indiga.

Lewat akun Instagram @galaindiga, pria ini membagikan detik-detik evakuasi anjing malang tersebut pada Rabu (1/1/2020).

Awalnya, Gala sendiri yang mengetahui ada anjing yang terjebak banjir di sebuah rumah.

Hewan itu tidak bisa menyelamatkan diri karena dirantai di pagar. Anjing berbulu putih dan coklat itu terus berenang dan berusaha memanjat pagar.

Gala sebenarnya berniat menyelamatkan anjing itu. Namun keberaniannya menciut saat melihat air banjir yang sangat deras.

Viral video evakuasi anjing terjebak banjir, warga dan petugas Damkar dipuji (instagram @galaindiga dan @jktinfo)

 

"Akhirnya gue dan pak RW memutuskan untuk memanggil petugas damkar Cinere. Sayangnya mereka juga kekurangan tim dan peralatan. Khususnya perahu karet. Karena sejak pagi mereka sudah kewalahan menerima panggilan warga lain yang tertimpa musibah serupa," tulis Gala di insta storynya.

Begitu petugas damkar datang, mereka langsung menyelematkan anjing yang sudah bertahan lebih dari dua jam dari derasnya air banjir.

Dua orang petugas berusaha melepas rantai yang mengikat anjing. Sementara dua petugas di tempat lain membantu mengevakuasi anjing dengan tali.

"Perlahan anjing mulai di tarik menuju ke tepi yang lebih dangkal," tulis Gala.

Foto dan video momen penyelamat anjing ini menjadi viral di media sosial setelah diunggah kembali oleh akun Instagram @jktinfo pada Kamis (2/1/2020).

"Sebuah cerita penyelamatan seekor anjing. Momen ini berhasil diabadikan dengan baik oleh @galaindiga. Terima kasih kepada para petugas Damkar, Bapak RW dan tentunya @galaindiga," tulis @jktinfo.

Pantauan Suara.com, hanya dalam waktu sejam setelah diunggah foto-foto tersebut telah disukai oleh lebih dari 99 ribu netizen.

Rata-rata netizen yang menulis komentar di postingan itu memuji warga dan berterima kasih kepada petugas damkar yang sigap menyelamatkan anjing yang terjebak banjir itu.

Seperti komentar yang ditulis @raissamantha, "Bless your heart, bapak-bapak petugas Damkar yang baik."

Netizen lain, @ekaputrilistya juga berkomentar, "Alhamdulillah terima kasih @galaindiga, Bapak RW & petugas Damkar..Buat para owner kalau sekiranya gak bisa bawa peliharaan pas mau ngungsi paling enggak lepaskan lah mereka dari kandang atau rantai agar setidaknya mereka bisa menyelamatkan dirinya sendiri..hewan peliharaan adalah keluarga/sahabat kita bukan mainan!"

Itulah kisah penyelamatan anjing saat banjir oleh warga dan petugas Damkar yang viral di media sosial. (Suara.com/ Rifan Aditya).