Selasa, 27 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 02 Januari 2020 | 14:21 WIB

Hitekno.com - Banjir yang mengepung beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya membuat beberapa daerah mengalami gangguan telekomunikasi.

Hal ini disebabkan beberapa BTS seluler mengalami gangguan dikarenakan pemutusan aliran listrik oleh PLN demi faktor keamanan dan keselamatan.

Menurut Kominfo yang dilansir dari siaran pers, ''Sampai hari Rabu malam (1/1/2020) secara keseluruhan masyarakat/pelangan masih bisa menggunakan layanan seluler untuk berkomunikasi meskipun beberapa BTS mati karena memiliki backup power dan operator mengerahkan mobile backup power atau genset portable.''

Namun pada Kamis, (2/1/2020), layanan telekomunikasi kembali terganggu karena back up power hanya bertahan beberapa jam saja.

Ilustrasi tower jaringan seluler. (Pixabay)

 

Hal ini yang membuat beberapa operator seluler kembali mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTSnya down karena adanya banjir.

Dalam siaran pers Kominfo mengatakan akan terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi.

Kominfo juga meminta pada operator seluler untuk mengerahkan segala upaya melakukan pemulihan terhadap BTS yang masih down dengan genset, sehingga dapat berfungsi normal meskipun PLN masih memutus jaringan listrik karena kondisi masih belum memungkinkan.

Beberapa operator seluler juga terus mengupayakan agara layanan telekomunikasi dapat kembali kondusif.

XL Axiata menyediakan supply listrik melalui genset untuk memastikan BTS tetap bisa beroperasi.

Sedangkan, Telkomsel tengah berupaya untuk recovery daerah yang down dengan mendistribusikan mobile backup power.

BACA SELANJUTNYA

Gojek Dukung Kominfo RI Percepat Digitalisasi UMKM