Sabtu, 31 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 02 Januari 2020 | 08:45 WIB

Hitekno.com - Media sosial Facebook memiliki satu fitur yang akan diaktifkan jika satu wilayah terjadi bencana besar, seperti banjir yang tengah melanda beberapa wilayah di Jakarta sejak Rabu, (1/1/2020).

Fitur bernama Safety Check yang terletak berada di halaman utama Facebook ini akan dengan cepat menyertakan informasi bencana dan penanggulangan krisis.

Hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah DKI Jakarta membuat ibu kota terendam dan belum surut hingga kini.

Kabar banjir yang melanda Jakarta terus bermunculan di media sosial, termasuk Facebook.

Hal ini yang membuat Facebook mengaktifkan fitur tersebut agar kerabat dan teman yang terhubung di media sosial ini dapat mengetahui keadaan masing-masing.

Pada halaman tersebut, Facebook menampilkan beberapa wilayah Jakarta terendam banjir seperti Cengkareng, Cempaka Putih, Gedong dan Kelapa Gading.

Dengan fitur Safety Check yang ada di Facebook ini kamu bisa memberitahu pengguna Facebook dalam keadaan yang aman.

Fitur Safety Check Facebook. (Facebook)

 

Kamu juga bisa memantau teman kamu lewat halaman ini dan memastikan mereka aman dari bencana.

Fitur ini dapat digunakan pengguna di sekitar lokasi terdampak bencana akan menerima notifikasi apakah mereka aman dari bencana banjir atau tidak.

Kondisi terkini tersebut nantinya akan ditampilkan di fitur ''Friends in Area'', fitur ini sangat berguna untuk mengetahui apakah kerabat pengguna di Facebook yang berada di lokasi bencana selamat atau tidak berdaarkan lokasi pengguna.

Pengguna juga dapat menanyakan kabar melalui menu yang ada di fitur penangguulangan krisis yang nanti akan disampaikan lewat notifikasi.

Setelah masuk di halaman beranda tersebut, pengguna bisa melihat berbabgai informasi dan fakta terkini dari situs berita online terkait bencana banjir di Jakarta.

Fitur penanggulangan krisis dan Safety Check di Facebook ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014. Jadi bagaimana kamu sudah menggunakan fitur Safety Check untuk memeriksa kerabat atau teman kamu dari banjir yang ada di Jakarta?

BACA SELANJUTNYA

Update! Facebook Uji Coba Aplikasi Kampus untuk Mahasiswa