Sabtu, 31 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 01 Januari 2020 | 16:57 WIB

Hitekno.com - Banjir yang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya juga menimpa Bandara Halim Perdana Kusuma, Rabu (1/1/2020). Bahkan sampai landasan pacu atau runway ikut tergenang banjir.

Karena banjir menggenangi landasan pacu Bandara Halim Perdana Kusuma, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menutup sementara bandara tesebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana Banguningsih Pramesti mengatakan, kondisi air sempat setinggi 30 sentimeter. Area bandara yang tergenang kurang lebih 500 meter.

Video Bandara Halim Perdana Kusuma yang dilanda banjir juga diunggah oleh akun Twitter resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Rekaman berdurasi 45 detik ini memperlihatkan landasan pacu Bandara Halim Perdana Kusuma digenangi air.

"Jadi ceritanya setelah hujan semalam, runway nya kerendem guys. Karena runway kerendem jadi pesawat enggak bisa take off dan enggak bisa landing di sini. Lihat guys udah kayak di pinggir danau ini guys," ucap petugas yang merekam video tersebut.

Banyak netizen memberikan komentar atas terjadinya banjir yang sampai melanda Bandara Halim Perdana Kusuma.

Landasan pacu bandara Bandara Halim Perdana Kusuma terendam banjir (Twitter/ BNPB_Indonesia)

 

Pegiat media sosial Eko Kuntadhi menulis cuitan di akun @eko_kuntadhi, "Dan kita melihat hasilnya di akhir 2019 ini. Bahkan Bandara Halim juga ikut menikmati."

Lalu sutradara Fajar Nugros juga mengaku belum pernah mengetahui sebelumnya kalau bandara Halim kebanjiran.

"Ini kayaknya baru terjadi ya? Selama ini belum pernah denger," tulis @fajarnugros.

Fotografer asal Norwegia Øystein Lund Andersen juga menyebarkan video banjir di bandara Halim ini.

"Hari pertama tahun 2020 dimulai dengan banjir di banyak wilayah Jakarta. Video ini menunjukkan bandara Jakarta Halim di mana landasan pacu saat ini berada tergenang air. Ditutup sementara," tulisnya.

Akun Twitter @anindadewayanti juga menulis cuitan, "Bandara Halim di Jakarta kebanjiran! Ini harus menjadi pengingat bagi kita semua untuk mempertimbangkan pendekatan lingkungan dalam kebijakan publik dan pemerintahan. Jangan biarkan agenda politik yang beracun menghalangi. Ini tentang kita dan keselamatan bumi kita. Selamat datang di tahun 2020."

Akibat bencana ini, sejumlah penerbangan dengan keberangkatan dari dan dengan tujuan Bandar Udara Halim Perdana Kusuma dialihkan ke Bandar Udara Soekarno-Hatta.

"Semua penerbangan dari Halim dialihkan ke Soetta (CGK)," ujar Polana dalam keteranganya, Rabu (1/1/2020).

Polana berharap agar para pengguna jasa transportasi udara dapat memaklumi kalauadanya penundaan dan divert akibat perubahan cuaca.

Itulah video kondisi landasan pacu Bandara Halim Perdana Kusuma yang tergenang bajir hingga membuat netizen heran. (Suara.com/ Rifan Aditya).

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Bangunan Megah Terbengkalai, Netizen: Anak Indigo Lihat Apa?