Minggu, 31 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 01 Januari 2020 | 11:30 WIB

Hitekno.com - Wisatawan atau turis Indonesia di Jepang jadi sorotan netizen di media sosial. Pasalnya, karena kelakuan sebuah rombongan ini disebut-sebut membuat kereta Shinkansen Jepang telat berangkat.

Seperti diketahui, kereta Jepang terkenal akan ketepatan waktunya. Namun seorang netizen menceritakan kalau kereta Shinkansen Jepang ini telat gara-gara rombongan turis Indonesia sibuk foto-foto didekatnya.

Foto dan video kejadian tersebut diunggah ke media sosial dan membuat netizen heboh dan viral di media sosial.

Seorang WNI lain yang berada di Jepang sekaligus pemilik akun Facebook Kucing Putih adalah yang menyaksikan langsung kejadian terebut. Ia kemudian mengunggah foto dan video itu pada Selasa (31/12/2019).

Ia merekam beberapa turis Indonesia yang sedang asik berfoto dengan latar kereta Shinkansen Jepang. Padahal kereta cepat itu sudah siap berangkat.

Rombongan turis asal Indonesia ini terlihat menginjak garis kuning yang merupakan batas aman kereta.

"Ada sekumpulan orang random +62 disuruh minggir ama petugas gak mau, soalnya Shinkansen nya mau berangkat, mereka asik-asik foto-foto tapi gangguin perka klb jd telat semua ini Shinkansen. Akhirnya Shinkansen ke arah Tokyo pada telat 10 menit semua," tulis pemilik akun Facebook Kucing Putih.

Kelakuan turis Indonesia yang disebut-sebut bikin kereta Shinkansen Jepang terlambat berangkat, (Facebook/ Kucing Putih)

 

Ia mengetahui bahwa rombongan itu berasal dari Indonesia dari bahasa yang mereka pakai untuk berbicara.

"Pas denger mereka ngomong bahasa kita tak datangin tak suruh minggir (soale aku mau ngerekam ama keretanya mau brangkat) malah (mereka) bialng 'bentar mas kita lagi foto2'. Ya wis tak tinggal gak lama di gas masinis pake s35 wkwkwk tapi gara-gara ini jadi telat 10 menit," ungkapnya.

Pemilik akun Kucing Putih menjelaskan bahwa sebenarnya petugas telah menegur rombongan tersebut. Tapi mereka tidak menghiraukan.

"(Mereka) lagi foto-foto. Sementara kereta harus berangkat. Dan petugas udah 3x memperingatkan saya 1x negor dan masinis 1x pake s35. Coba lihat garis kuning dan pager. Mereka foto di posisi gak safety," ucap Kucing Putih.

Berdasarkan penjelasannya, semboyan s35 merupakan klakson panjang. "Shinkansen normalnya gak akan klakson kalau gak ada bahaya," ujarnya.

Ia juga menjelaskan kalau Shinkansen Jepang jarang sekali membunyikan semboyan s35 saat berangkat. Rombongan asal Indonesia yang menyebabkan kereta Shinkansen ini telat terdiri dari ibu-ibu dan anak muda.

"Ada yang emak-emak ama muda...pada naik Hikari. Udah tahu hari ini malam tahun baru jadwal kereta jadi rengket karena banyak Shinkansen tambahan, ini telat 10 menit petugas minta maaf molo d nozomi," katanya.

Dalam waktu 13 jam sejak diunggah postingan tentang keterlambatan kereta Shinkansen Jepang karena ulah turis Indonesia ini telah dibagikan lebih dari seribu kali.

Itulah kisah viral di media sosial yang menyebutkan ulah turis Indonesia yang membuat kereta Shinkansen Jepang terlambat berangkat. (Suara.com/ Rifan Aditya).