Jum'at, 25 September 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 31 Desember 2019 | 17:45 WIB

Hitekno.com - Sebuah postingan ini berhasil mengajarkan kita bahwa tak perlu menjadi kaya dulu untuk menjadi seorang yang berhati mulia dan dermawan. Seorang tunawisma ini membuat netizen terenyuh karena dirinya menyumbangkan semua uang koin yang dimiliki untuk disumbangkan sebelum ia meninggal.

Seorang netizen Thailand dengan akun bernama Kiatisuk Saothee membagikan postingan yang sangat menyentuh hati.

Postingan yang dibagikan berhasil viral di Facebook setelah mendapatkan lebih dari 30 ribu Like dan ribuan komentar dari netizen.

Sangat inspiratif dan membuat terenyuh, unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 19 ribu kali dalam kurun waktu seminggu.

Saothee menceritakan bahwa di sebuah Kota Lopburi, Provinsi Lopburi, Thailand, terdapat seorang tunawisma yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung.

Postingan mengenai seorang tunawisma yang menyumbangkan semua uangnya ini viral di Facebook. (Facebook/ Kiatisuk Saothee)

 

Tunawisma itu sering duduk dan tidur di emperan 7-Eleven sembari mencari sisa-sisa botol dari pengunjung.

Di malam hari, pemulung tersebut juga mendapatkan uang koin dari pengunjung minimarket.

Tak ada yang tahu kebaikan pemulung itu kecuali setelah dirinya meninggal.

Dilansir dari World of Buzz, berdasarkan media lokal Thailand, Khaosod, tunawisma ini menjadi terkenal dan viral setelah sejumlah biksu mengakui bahwa orang tersebut menyumbangkan semua uang koinnya di kuil terdekat.

Seorang tunawisma di Thailand yang menyumbangkan semua uangnya sebelum meninggal. (Facebook/ Kiatisuk Saothee)

 

Beberapa hari setelah menyumbangkan semua uang koinnya, tunawisma yang sering dipanggil "Ta Toyi" ini ditemukan dalam kondisi meninggal.

Setelah tahu cerita sebenarnya dari aksi mulia tunawisma ini, penduduk setempat langsung mengadakan upacara penghormatan selama satu malam dan jenazah tunawisma tersebut langsung dikremasi.

Ternyata Ta Toyi menyumbangkan uang koin dalam jumlah banyak, bahkan jika dihitung bisa mencapai lebih dari 2 ember.

Mungkin itulah tabungan satu-satunya yang dimiliki oleh tunawisma tersebut. Meski jumlahnya mungkin tak besar, namun bagi seorang tunawisma, uang sejumlah itu pastinya sangat berarti.

Tunawisma Thailand yang meninggal setelah menyumbangkan uang koinnya ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

Para biksu sedang menghitung uang sumbangan dari tunawisma. (Facebook/ Kiatisuk Saothee)

 

"Paman ini telah pergi ke dunia lain yang lebih bagus. Semoga aksi mulianya membuat dirinya mendapatkan istana di kehidupan yang lain," tulis Kyo Nista.

"Meski dia miskin, tapi aksinya ini bisa membuat malu orang-orang kaya yang pelit," komentar Su Khanth.

Itulah tadi kisah inspiratif dan mengharukan mengenai seorang tunawisma yang menyumbangkan semua uangnya sebelum meninggal sehingga viral di Facebook, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

Dulunya Ramai, Kini Bilik Warnet Ini Jadi Tumpukan PC Bekas