Senin, 17 Februari 2020

Perangi Komentar Bullying, Instagram Siapkan Fitur Baru

Instagram makin peduli pada kenyamanan penggunanya, termasuk perlawanan pada bullying.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Instagram. (Unsplash/ Katka Pavlickova)
Ilustrasi Instagram. (Unsplash/ Katka Pavlickova)

Hitekno.com - Instagram terus berbenah diri demi menjaga kenyamanan penggunanaya. Salah satunya adalah memerangi komentar bullying dengan menghadirkan fitur baru.

Fitur baru Instagram ini memungkinkan pengguna mendapatkan peringatan ketika mengunggah foto atau video yang memiliki caption atau keterangan yang berpotensi bullying.

Cara kerjanya, sistem AI dalam Instagram akan mendeteksi kata yang tidak sesuai dengan kebijakan layanan.

Jika pengguna mengunggah sesuatu yang berpotensi menyinggung, aplikasi akan memunculkan pemberitahuan yang berbunyi, "This caption looks similar to others that have been reported".

Pada bagian bawah pemberitahuan, pengguna dapat mengedit keterangan dan mengganti kata-kata yang ditulis sebelumnya.

Dilansir dari laman The Verge, fitur baru Instagram ini dibangun di atas alat bertenaga AI yang diperkenalkan untuk kolom komentar pada Juli lalu.

Perusahaan mengatakan bahwa Instagram akan membuat pengguna mempertimbangkan kembali komentar yang berpotensi menyakiti orang lain.

Ilustrasi Instagram. (HiTekno.com)
Ilustrasi Instagram. (HiTekno.com)

 

Ini adalah salah satu upaya dari serangkaian tindakan yang dilakukan Instagram untuk mengatasi intimidasi pada platformnya.

Pada tahun lalu, Instagram mulai memanfaatkan AI untuk menyaring komentar ofensif dan secara proaktif mendeteksi intimidasi dalam foto dan caption.

Instagram mengatakan bahwa fitur ini baru diluncurkan untuk negara-negara tertentu saat ini, tetapi akan berkembang secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Sayangnya, Instagram tidak membeberkan negara mana saja yang termasuk dalam daftar peluncuran. Kita nantikan saja fitur baru Instagram dalam memerangi komentar bullying ini. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini