Selasa, 20 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 10 Desember 2019 | 20:18 WIB

Hitekno.com - Penghujung 2019 jadi saat paling dinanti para penggemar soping online, tak terkecuali Indonesia. Hal ini karena banyaknya pelaku eCommerce yang berpartisipasi pesta belanja online.

Banyak eCommerce dan toko online yang ikut berpartisipasi dalam pesta belanja online dengan menawarkan promo, dan diskon hebat.

Pesta belanja online ini akan hadir di waktu yang berbeda, beberapa diantaranya dikenal dengan sebutan Black Friday yang digelar pada 29 November 2019, Cyber Monday pada 25 November 2019 dan yang paling terkenal di Indonesia adalah Harbolnas atau promo 12.12 yang akan digelar pada 12 Desember 2019. 

Pesta belanja online tersebut memberikan peluang bisnis yang positif bagi para pelaku ecommerce untuk mempromosikan produk-produk mereka kepada calon pembeli dengan skala besar.

Untuk memaksimalkan peluang bisnis saat pesta belanja online yang akan diselenggarakan di penghujung tahun, CupoNation mengumpulkan tips marketing penting yang perlu diperhatikan oleh para pelaku ecommerce. 

1. Informasikan program diskon jauh-jauh hari

Mulai lah untuk mempromosikan program diskon yang ditawarkan jauh sebelum pesta belanja online dimulai.

Besar kemungkinan para pemburu diskon telah mencari tahu tentang pesta belanja online Harbolnas atau promo 12.12 jauh sebelum event dimulai.

Oleh karena itu, mulai lah untuk berinteraksi dengan calon pembeli agar mereka dapat mengikuti diskon dan penawaran yang diberikan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti membuat landing page campaign khusus pesta belanja online, mengoptimalkan beberapa channel seperti sosial media dan email marketing. 

Ilustrasi Diskon Toko Online. (Pixabay/justyre)

 

2. Optimalkan SEO-friendly pada website 

Webstore harus mampu mendatangkan trafik pengunjung agar penjualan dapat berjalan dengan baik. SEO atau Search Engine Optimization merupakan kunci untuk mendatangkan pengunjung ke sebuah website.

Oleh karena itu mengoptimalkan SEO yang sesuai dengan produk yang dipasarkan adalah langkah penting untuk dapat menarik pengunjung yang tepat masuk kedalam webshop anda.

Gunakan perangkat SEO yang mampu membantu anda untuk mendapatkan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi.

Selanjutnya masukan kata kunci SEO yang tepat untuk membantu webshop agar berhasil ranking di google.

Beberapa article seperti Medium dan Moz memberikan langkah-langkah dan penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana mengoptimalkan SEO-friendly pada website.

3. Optimalkan situs web selular

Jumlah kunjungan toko online di Indonesia didominasi oleh pengunjung yang mengakses website melalui mobile atau smartphone.

Oleh sebab itu, membuat laman yang dapat diakses dengan mudah  melalui smartphone atau mobile merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku ecommerce.

Untuk memastikan jika situs web telah di design mobile friendly, para pelaku e-commerce dapat melakukan tes melalui Google's mobile friendly.

Di samping itu, jika situs web belum sepenuhnya dioptimalkan, maka pelaku ecommerce dapat mengikuti guideline dan tips dari panduan developer untuk mengoptimalkan webshop, seperti desain responsif, kecepatan halaman, dll.

Ilustrasi Toko Online. (Pixabay/JurnalMin)

 

4. Mempertimbangkan afiliasi marketing 

Untuk memperluas jangkauan pelanggan dan menambah sumber traffic pengunjung ke webshop anda, penggunaan jasa afiliasi marketing selama pesta belanja online dapat menjadi salah satu cara yang perlu di pertimbangkan.

Situs berhemat dan informatif merupakan salah satu website yang banyak diburu oleh para online shopper, karena situs ini selalu memetakan semua penawaran yang tersedia, khususnya pada saat pesta belanja online Harbolnas.

Di samping itu, afiliasi marketing mampu mengirim seratus bahkan ribuan pengunjung tambahan ke webshop Anda melalui pengalaman, kreativitas, situs web, dan marketing e-mail yang dipromosikan. 

Saat menggunakan jasa afiliasi marketing, pastikan komunikasi terjalin dengan baik dan data yang diperlukan dapat diberikan tepat waktu.

Agar semakin banyak trafik yang masuk ke dalam webshop anda, biasa nya afiliasi marketing memerlukan beberapa pemicu seperti kode diskon, cashback, pengiriman gratis, dan sebagainya.

5. Mengoptimalkan performa database dan bandwith 

Saat puncak perayaan pesta belanja online, website peritel diprediksi akan banjir pengunjung.

Agar website anda terus aktif dan memiliki akses yang lancar saat jumlah visitor memuncak, maka pelaku ecommerce dianjurkan untuk meningkatkan bandwith dan memilih kapasitas database yang besar.

Selain itu, pelaku e-commerce juga dianjurkan untuk memanfaatkan CDN (Content Delivery Network) demi meningkatkan kecepatan website saat diakses oleh pengunjung.

Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi calon pembeli untuk mengakses website peritel dan memberi kelancaran bagi para pelaku ecommerce untuk berpartisipasi dalam pesta belanja online. 

Diatas adalah beberapa tips marketing dari CupoNation yang perlu diperhatikan bagi para pelaku eCommerce agar dapat optimal dalam menarik pengunjung untuk berbelanja saat pekan Harbolnas. 

BACA SELANJUTNYA

Jakarta Terapkan PSBB Lagi, UKM Lebih Siap dengan Go Online