Minggu, 26 Januari 2020

Lagi, iPhone 11 Pro Ketahuan Kumpulkan Data Lokasi Pengguna

Terungkapnya iPhone 11 Pro yang mengumpulkan data lokasi pengguna ini dilakukan oleh laman Krebs on Security.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
iPhone 11 Pro. (Apple)
iPhone 11 Pro. (Apple)

Hitekno.com - iPhone 11 Pro belum lama ini disebut-sebut kembali mengumpulkan data lokasi pengguna melalui Location Service di perangkat tersebut. Cukup mengecewakan, banyak pengguna yang terkejut dengan kabar ini.

Dilansir dari The Verge, terungkapnya iPhone 11 Pro yang mengumpulkan data lokasi pengguna ini dilakukan oleh laman Krebs on Security.

Saat itu, Krebs on Security mendapati bahwa iPhone 11 Pro melakukan ping modul GPS untuk mengumpulkan data lokasi tanpa menyembunyikannya.

Ping modul GPS mungkin dianggap sebagai hal biasa, mengingat kebijakan privasi Apple sendiri sering mengirimkan lokasi pada titik WiFi atau menara seluler dalam bentuk anonim dan terenkripsi.

Namun mengenai pengiriman lokasi pada titik WiFi ini dapat dinonaktifkan secara sistematis pada aplikasi masing-masing. Beda kasus dengan apa yang dilakukan dari GPS ini.

iPhone 11 Pro. (Apple)
iPhone 11 Pro. (Apple)

 

Pada temuan Krebs on Security, terungkap bahwa pengumpulan data lokasi di iPhone 11 Pro ini tetap dilakukan meski pengguna menonaktifkan Location Services per aplikasi.

Tidak hanya itu, data lokasi terus diambil walaupun pengguna tidak mengaktifkan penerimaan data. Secara diam-diam, GPS terus melakukan ping ke server.

Sebelumnya, dikutip dari GSM Arena, seorang engineer Apple menyebutkan bahwa ikon panah yang muncul di perangkat biasanya sering terjadi, dan tidak perlu dikhawatirkan hal ini karena ada beberapa aplikasi yang tidak dilengkapi layananan sistem dengan tombol switch.

Mengenai kebenaran Apple yang mengambil data lokasi pengguna secara diam-diam ini memang masih belum diketahui. Apple sendiri masih belum buka suara terkait hal tersebut. Karena masih belum pasti, nantikan kebenarannya ya.

Terkait

Terkini