Senin, 09 Desember 2019

#RockyGerungMenghinaPresiden Jadi Debat Panas Netizen di Twitter

Rocky Gerung menyebutkan bahwa Presiden RI, Joko Widodo menghafal Pancasila namun tidak mengerti mengenai ideologi dasar negara Indonesia ini.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
#RockyGerungMenghinaPresiden. (Suara.com/Novian)
#RockyGerungMenghinaPresiden. (Suara.com/Novian)

Hitekno.com - Pagi ini, Rabu (4/12/2019) kolom Trending Twitter Indonesia menjadi ajang netizen terlibat debat panas dengan membawa hashtag #RockyGerungMenghinaPresiden yang langsung menempati urutan pertama.

Kemunculan hashtag #RockyGerungMenghinaPresiden ini merupakan imbas dari penampilan sang pengamat politik dan filsafat ini di program televisi Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Selasa malam (3/12/2019) lalu.

Berbicara mengenai Pancasila, Rocky Gerung dengan gamblang menyampaikan bahwa Pancasila bukanlah ideologi dalam pengertian akademis. Membedah satu demi satu, Rocky Gerung membantah kelima sila dengan analisanya.

Lebih lanjut, Rocky Gerung menyebutkan bahwa Presiden RI, Joko Widodo menghafal Pancasila namun tidak mengerti mengenai ideologi dasar negara Indonesia ini.

''Polisi Pancasila atau Presiden juga nggak ngerti Pancasila kan. Dia hafal tapi dia ga paham. Kalau dia paham, dia gak berhutang. Kalau dia paham, dia gak naikin BPJS. Kalau dia paham, dia ga melanggar UU lingkungan,'' ucap Rocky Gerung dalam gelaran ILC.

Langsung saja ucapan Rocky Gerung ini mencuri perhatian dan membuat perdebatan panas di media sosial. Banyak yang pro dan banyak juga yang kontra dengan pendapatnya ini. Bagi yang kontra, Rocky Gerung dirasa telah menghina Presiden RI.

Rocky Gerung. (Suara.com/Achmad Ali)
Rocky Gerung. (Suara.com/Achmad Ali)

 

''Emang harus dikandangin nih si Rocky Gerung #RockyGerungMenghinaPresiden'' tulis netizen yang kontra dan berharap Rocky Gerung diadili atas ucapannya.

''Pancasila itu hasil karya para pendiri bangsa. Itu sudah FINAL. Kau ga akan pernah lebih hebat dari mereka. Malah menghina Presiden sebagai simbol negara pula #RockyGerungMenghinaPresiden'' komentar netizen lainnya yang juga kontra.

Di sisi lain, ada juga yang mendukung ucapan Rocky Gerung dan tidak menganggap bahwa komentar ini telah menghina Presiden RI.

''#RockyGerungMenghinaPresiden Giliran orang berargumen berasumsi dalam suatu diskusi dilaporkan. Wkwkwk indahnya negeri kita'' ungkap netizen.

''Pagi ini sedan trending #RockyGerungMenghinaPresiden sejak kapan mengkritik disebut menghina? Memang harus membangun resolusi 2020 yang lebih matang agar tidak sekedar hanya menjadi keinginan'' tulis netizen.

Hingga artikel ini dibuat, hashtag #RockyGerungMenghinaPresiden berasa di urutan kedua kolom Trending Twitter Indonesia dengan total 4.745 cuitan netizen.

Terkait

Terkini