Minggu, 08 Desember 2019

Ramai Video Rizieq Shihab di Bandara untuk Reuni 212, Ini Fakta Sebenarnya

Berdasarkan laporan dari tim Suara.com yang berada di lokasi Reuni 212, Rizieq Shihab benar datang namun hanya melalui video.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Rizieq Shihab di bandara. (twitter/Erizasantoso)
Rizieq Shihab di bandara. (twitter/Erizasantoso)

Hitekno.com - Video saat Rizieq Shihab tiba di bandara Indonesia belum lama ini menjadi viral di Twitter. Banyak yang lalu menyangka bahwa sosok ini telah kembali untuk mengikuti gelaran Reuni 212 yang berlangsung hari ini Senin (2/12/2019) di Monas, Jakarta Pusat.

Pertama kali menjadi viral di Twitter, video Rizieq Shihab yang diduga diambil di sebuah bandara ini memperlihatkan Rizieq Shihab yang berjalan keluar sambil disambut oleh segerombolan orang berbaju putih yang menyebut "Allahuakbar" dan sholawat.

"Habieb Rizieq Shihab pulang ke Indonesia? Mohon konfirmasi @_______FPI dkk" tulis netizen dengan akun @Erizasantoso.

Langsung saja, unggahan ini membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai kedatangan sosok Rizieq Shihab dalam gelaran Reuni 212 yang diadakan di Monas. Namun, ada juga yang menyebut bahwa video ini merupakan rekaman lama yang kembali diunggah.

"Video lama" tulis @SalmaBrecht singkat.

Rizieq Shihab di bandara. (twitter/Erizasantoso)
Rizieq Shihab di bandara. (twitter/Erizasantoso)

 

Membuktikan bahwa video Rizieq Shihab di bandara Indonesia untuk mengikuti Reuni 212 hanyalah hoaks. Berdasarkan laporan dari tim Suara.com yang berada di lokasi Reuni 212, Rizieq Shihab benar datang namun hanya melalui video.

Dikutip dari Suara.com, lewat video yang ditayangkan di dua layar raksasa yang berada di samping kiri dan kanan panggung Reuni 212 di Monas, Imam Besar Front Pembela Islam atau FPI ini menyampaikan permintaan maaf karena tidak bisa hadir secara langsung.

Reuni 212 di Monas Senin (2/12/2019). (suara.com/Stephanus Aranditio)
Reuni 212 di Monas Senin (2/12/2019). (suara.com/Stephanus Aranditio)

 

Rizieq Shihab menjelaskan bahwa dirinya belum bisa keluar Arab Saudi karena masih dicekal oleh pemerintah setempat atas permintaan pemerintah Indonesia.

Kemunculannya video Rizieq Shihab dalam gelaran Reuni 212 menjadi bukti yang membantah tegas mengenai video sebelumnya yang menyebutkan bahwa Imam Besar FPI ini telah berada di bandara Indonesia untuk mengikuti Reuni 212.

Dilansir dari Suara.com, PA 212 sebelumnya mengumumkan untuk memutihkan kawasan Monas, Jakarta Pusat untuk menggelar reuni akbar pada 2 Desember 2019. Reuni 212 ini dimulai dengan salat tahajud berjemaah, salah shubuh berjamaah, dan sambutan beberap tokoh.

Terkait

Terkini