Minggu, 08 Desember 2019

Cek Fakta: Heboh Bayi Alien Menyeramkan Memakan Usus Ibunya, Benarkah?

Saking ngerinya, warga menyebutnya bayi alien, bayi setan, bayi monster.

Agung Pratnyawan
Heboh bayi mengerikan hingga disebut bayi alien. (Twitter)
Heboh bayi mengerikan hingga disebut bayi alien. (Twitter)

Hitekno.com - Sempat ramai bayi aneh di India yang disebutkan memakan usus ibunya. Saking aneh penampakannya, hingga disebut bayi alien.

Kabar ini tersebar di media sosial bahkan sampai Indonesia. Kehebohannya diiringi dengan beredarnya video bayi alien ini.

Dalam video yang beredar, nampak seorang bayi dengan kondisi yang tak wajar. Dengan kulit kekuningan pecah-pecah, mata dan mulut merah.

Bahkan disebutkan kalau sang ibu sangat kecewa melihat bayinya hingga tak mau mendekat apa lagi menyusuinya.

Narasi awal yang beredar menyebutkan kalau bayi ini berasal dari India. Ia berada 11 bulan dalam perut dan memakan usus ibunya.

Dalam kabar yang heboh, disebutkan dokter mengoperasi ibunya untuk mengeluarkan baru seberat 8 kg, dan terus bertambah jadi 13 kg dalam beberapa jam.

Disebutkan pula kalau bayi di India ini kemudian dibunuh oleh dokter dengan 17 suntikan. Lengkap dengan video bayi alien tersebut dibagikan.

Heboh bayi mengerikan hingga disebut bayi alien. (Twitter)
Heboh bayi mengerikan hingga disebut bayi alien. (Twitter)

 

Ternyata kabar bayi alien yang aneh ini hanya kabar bohong belakang. Bayi tersebut bukanlah bayi alien maupun bayi monster.

Menurut Altnews.in, bayi tersebut adalah bayi manusia biasa. Namun bayi yang viral ini menderita kondisi genetik yang tak biasa.

Kondisi bayi ini sering disebut Harlequin Ichthyosis atau sindrom bayi Halequin yang menyebabkan terlahir dengan kulit tebal, kering, pecah dan retak.

Menurut Altnews.in, kasus Harlequin Ichthyosis ini telah ditemukan beberapa kali di India. Yang pertama dilaporkan terjadi pada 2016.

Kemudian pada 2017 diberitakan Times Of India adanya kelahiran bayi dengan kondisi Harlequin Ichthyosis di India.

Lalu pada September 2019, India Today melaporkan kelahiran bayi dengan kondisi Harlequin Ichthyosis di New Delhi.

Menurut Genetic and Rare Diseases Information Center, kondisi Harlequin Ichthyosis atau bayi Harlequin disebabkan oleh mutasi gen ABCA12.

Gen ABCA12 dalam tubuh sendiri berfungsi untuk memberikan instruksi pembuatan protein yang dibutuhkan oleh kulit.

Ketika hal ini bermasalah, protein ABCA12 tidak diproduksi dengan benar hingga mengganggu perkembangan epidermis atau lapisan terluar kulit.

Hasilnya seperti yang kita lihat pada bayi dengan kondisi Harlequin Ichthyosis tersebut. Bayi berubah seolah seperti bayi alien.

Kelainan genetika serius ini sayangnya belum ada obatnya hingga sekarang. Meski begitu, sang bayi masih bisa selamat.

Perkembangan teknologi dan kesehatan sampai saat ini sudah bisa meningkatkan potensi hidup bayi dengan kondisi Harlequin Ichthyosis tersebut.

Ilustrasi bayi dengan kondisi Harlequin Ichthyosis. (J. Bland Sutton)
Ilustrasi bayi dengan kondisi Harlequin Ichthyosis. (J. Bland Sutton)

 

Seperti yang diberitakan Dailymail.co.uk pada September 2015, ada seorang dengan kondisi seperti ini tetap hidup sampai dewasa dan berumah tangga.

Stephanie Turner, terlahir dengan kondisi Harlequin Ichthyosis yang membuat kulitnya tumbuh tujuh kali lebih cepat dibanding manusia normal.

Hal ini membuat kulitnya lebih tebal, sehingga ia menjalani perawatan medis serius. Karena itu pula, ia menjadi salah satu contoh yang selamat dari masalah genetika ini.

Dengan beberapa penjelasan dan bukti di atas, diketahui kalau kabar bayi alien, bayi monster di India tersebut adalah haoks.

Yang benar adalah bayi yang terlahir dengan masalah kondisi genetika Harlequin Ichthyosis. Apakah ia bisa hidup? Yup, sudah ada buktinya yang hidup hingga dewasa.

Terkait

Terkini