Kamis, 12 Desember 2019

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Wartawati Indonesia, Ani Idrus ke-101

Google merayakan ulang tahun Ani Idrus yang ke-101 tahun lewat doodle.

Dinar Surya Oktarini
Google Doodle Ani Idrus. (Google)
Google Doodle Ani Idrus. (Google)

Hitekno.com - Rayakan ulang tahun seorang wartawati Senior, Ani Idrus yang ke-101, Google rilis doodlw pada halaman pencarian. Wartawati senior kelahiran, Sumatera Barat pada 25 November 1918. 

Doodle itu didominasi warna cokelat dengan berbagai tingkat kedalaman warna. Beberapa lembar koran terlihat seolah tertempel pada latar belakang doodle dengan seorang perempuan mengenakan kacamata.

Perempuan dalam doodle tersebut membawa beberapa lembar kertas dengan tangan kanannya meraih salah satu koran yang tertempel.

Ani Idrus dikenal karena mendirikan salah satu surat kabar harian terlama di Indonesia, Harian Waspada, pada 1947 dan masih aktif hingga hari ini.

Menurut laman Google Doodle, Ani Idrus memulai profesi sebagai wartawan pada 1930 dengan menulis di majalah Panji Pustaka Jakarta. Setelah menerbitkan Harian Waspada di 1947, dua tahun kemudian, ia menerbitkan majalah 'Dunia Wanita'.

Ani Idrus juga melayani sebagai koresponden asing selama lebih dari satu dekade sebelum merilis edisi pertama majalah Dunia Wanita.

Pada 1988, sebagai pengakuan atas prestasinya dalam jurnalisme, Ani Idrus menerima Satya Press Award, di mana hanya diberikan pada 12 tokoh pers nasional.

Selain itu, pada 1990, ia juga menerima penghargaan sebagai wartawan yang masih aktif mengabdikan diri di atas 70 tahun.

Sebagai wartawati senior, ia juga ikut mendirikan dan membina organisasi PWI. Pada 1951, ia turut mendirikan organisasi P.W.I. Medan dan menjadi pengurus.

Tahun 1953-1963, berturut-turut menjabat sebagai Ketua PWI Kring Medan. Lalu pada 1959 mendirikan Yayasan Balai Wartawan Cabang Medan dan dipilih sebagai Ketua, selanjutnya mendirikan Yayasan Akademi Pers Indonesia (A.P.I.) dan menjabat sebagai Wakil Ketua.

Harian umum Waspada. [Wikipedia]
Harian umum Waspada. [Wikipedia]

Ani Idrus juga menghadiri Kongres Wanita Pertama Indonesia, yang membawanya untuk memimpin Front Wanita Sumatera Utara dan menjadi Wakil Sekretaris Jenderal Front Nasional Sumatera Utara.

Prestasi Ani Idrus juga diperingati dengan perangko yang terbit pada 2004, memuat potret wajahnya. Ia meninggal di Medan, 9 Januari 1999 pada usia 80 tahun.

Google doodle Ani Idrus ini dibuat oleh seniman Shanti Ritthers. Seperti yang diketahui, pengguna dapat menemukan berbagai berita mengenai Ani Idrus hanya dengan mengeklik ikon doodle yang terpampang di halaman awal pencarian.(Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini