Sabtu, 14 Desember 2019

Waspada Hoaks, Foto Ahok Pakai Seragam Pertamina Beredar di Grup WhatsApp

Menurut netizen ini, potret Ahok dengan seragam PT Pertamina ini menyebar melalui grup WhatsApp.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Ahok dengan seragam PT Pertamina. (twitter/aganharahap)
Ahok dengan seragam PT Pertamina. (twitter/aganharahap)

Hitekno.com - Belum lama ini, foto Ahok yang mengenakan seragam PT Pertamina menjadi viral dan beredar di grup WhatsApp. Terbukti merupakan hasil editan, foto ini dapat dipastikan merupakan kabar hoaks.

Nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok belum lama ini menjadi topik panas usai dirinya disebut-sebut akan diangkat sebagai bos salah satu perusahaan BUMN. PT Pertamina digadang-gadang menjadi tempat di mana Ahok akan berlabuh.

Masih simpang siur, dilansir dari Suara.com, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyebutkan bahwa partai telah merestui Ahok jika nantinya benar ditunjuk oleh Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai pejabat BUMN.

Kabar ini langsung saja mendapat respon beragam dari netizen. Banyak yang sepakat, namun juga banyak yang justru menentang.

Yang terbaru, diunggah akun @aganharahap, nampak potret mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengenakan seragam PT Pertamina yang biasanya digunakan oleh petugas-petugas pom bensin.

#Ahok52TetapBertjahaja (instagram.com/basukibtp)
Ahok. (instagram.com/basukibtp)

 

Menurut netizen ini, potret Ahok dengan seragam PT Pertamina ini menyebar melalui grup WhatsApp. Tidak main-main, pesan yang beredar di WhatsApp tersebut menyebut bahwa potret dan info ini adalah valid.

''Baru dapet foto ini dari salah satu grup WhatsApp dengan kalimat: Sumber A1: Beliau tadi siang baru fitting seragam baru. INFO VALID!'' tulis @aganharahap.

Viral di Twitter, netizen ramai-ramai menyebutkan bahwa foto tersebut adalah hasil editan. Waspada info hoaks seperti ini lalu mulai berdatangan.

Ahok dengan seragam PT Pertamina. (twitter/aganharahap)
Ahok dengan seragam PT Pertamina. (twitter/aganharahap)

 

''Fotoshop-nya terlalu canggih, pak BTP sekarang badannya berotot dan isi, tangan dah kekar'' tulis @wawan_echo83 mengungkap kejanggalan di foto tersebut.

''Tunggu aja ini ntar kesebar di grup-grup WhatsApp pakai narasi hoaks inimah'' komentar akun @xathrya.

''Bg**, hahahah editan tu woi, lucu kelean'' ungkap akun @EkaAriady.

Hingga artikel ini dibuat, unggahan foto Ahok dengan seragam PT Pertamina ini sudah mendapat 385 retweets dan 121 balasan dari netizen.

Terkait

Terkini