Sabtu, 14 Desember 2019

Instagram Mulai Sembunyikan Jumlah Like, Termasuk di Indonesia

Apakah akun Instagram kamu mendapatkan perubahan ini?

Agung Pratnyawan
Ilustrasi Instagram. (HiTekno.com)
Ilustrasi Instagram. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Sosial media berbagi foto, Instagram mulai menyembunyikan jumlah like di postingannya. Perubahan ini mulai diberlakukan pada sejumlah pengguna.

Penyembunyian like ini masih dalam tahap uji coba. Dan baru beberapa pengguna melaporkan mereka tidak bisa melihat like di postingan.

Perubahan ini juga dirasakan pada sejumlah pengguna Instagram di Indonesia. Mereka tidak bisa lagi melihat jumlah like pada postingan orang lain.

Para pengguna yang mendapatkan berbaruan ini akan menerima sebuah pop-up pemberitahuan "perubahan pada bagimana pengguna melihat suka (likes)".

Salah satu akun Instagram Indonesia yang telah mendapatkan perubahan ini adalah @makemac. Ia mempostingkan seperti apa pemberitahuan ini.

Setelah mendapatkan notifikasi ini, pengguna tidak lagi bisa melihat jumlah like dari postingan orang lain lewat aplikasinya.

Jika sejumlah pengguna Instagram Indonesia sudah merasakan perubahan ini, tidak menutup kemungkinan akan meluas ke pengguna lainnya.

Hanya pemilik akun yang bisa lihat jumlah like postingan di Instagram. (HiTekno.com)
Hanya pemilik akun yang bisa lihat jumlah like postingan di Instagram. (HiTekno.com)

 

Angka jumlah like ini tidak sepenuhnya hilang, melainkan diubah menjadi private. Hanya pemilik akun yang mempostinkan yang bisa melihatnya.

Sebelum Indonesia, perubahan ini sudah hadir ke beberapa negara. Yakni Amerika Serikat, Australia, Brazil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang, dan Selandia Baru.

Instagram mengaku alasan dari kebijakan menyembunyikan like ini karena ingin menjaga kesehatan mental para penggunanya.

Karena selama ini Instagram dianggap tidak baik untuk kesehatan mental penggunanya. Karena itu, mereka berupanya melakukan perubahan.

Dengan menyembunyikan jumlah like, dipercaya dapat mengurangi kompetisi antar pengguna. Juga membuat pengguna lebih fokus pada konten yang diunggah.

Bagaimana dengan akun Instagram kamu? Apakah sudah mendapatkan pemberitahuan disembunyikannya jumlah likes ini?

Terkait

Terkini