Rabu, 20 November 2019

Akun Instagram Diretas? Begini Cara Mengatasinya

Pertama, jangan panik! Lalu ikuti langkah-langkah ini.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Ilustrasi aplikasi Instagram. (unsplash/@katerinapavlickova)

Hitekno.com - Lagi-lagi akun Instagram selebriti Indonesia diretas pihak yang tidak bertanggung jawab. Kali ini yang kena apes adalah akun Instagram Luna Maya.

Akun Instagram Luna Maya tiba-tiba mempostingkan video aneh dengan menampikan bendera Turki. Juga profilenya menjadi akun orang Turki.

Dengan apa yang dilakukan peretas ini, diduga pelakunya berasal dari Turki. Dugaan yang sama dengan asal pelaku yang meretas akun Instagram Inul Daratista.

Peretas Turki memang terkenal akan aksinya mengambil alih akun Instagram dan media sosial. Terutama milik orang-orang ternama dan kalangan selebriti.

Jika akun Instagram kena retas pihak yang tidak bertanggung jawab? Seperti yang menimpa akun Instagram Luna Maya ini?

Yang pertama-tama harus kamu lakukan adalah menenangkan diri. Jangan panik hingga gegabah melakukan tindakan yang tidak perlu.

Pihak Instagram sendiri telah memberikan petunjuk bagi penggunanya jika akun tersebut diretas atau di-hack pihak tak bertanggungjawab.

Akun Instagram Luna Maya kena bajak peretas Turki. (Instagram/ @lunamaya)
Akun Instagram Luna Maya kena bajak peretas Turki. (Instagram/ @lunamaya)

 

Seperti apa langkah mengatasi akun Instagram diretas seperti yang dialami Luna Maya ini? Simak beberapa langkah berikut ini yang dikumpulkan HiTekno.com.

1. Masuk ke help.instagram.com lalu ke bagian menu Privacy & Safety atau Pusat Privasi dan Keselamatan dalam Bahasa Indonesia.

2. Pilih menu Report Something > Hacked Account > I Think my account has been hacked > Report it to us atau dalam Bahasa Indonesia ke menu Laporkan Sesuatu > Akun yang Dibajak > Sepertinya akun Instagram saya diretas..

Tata cara mengembalikan akun Instagram yang diretas. (Instagram)
Tata cara mengembalikan akun Instagram yang diretas. (Instagram)

 

3. Setelah itu isi pertanyaan yang ada di dalam halaman tersebut dengan sejelas-jelasnya.

4. Jika laporan ini berhasil, makan akun tersebut akan hilang dan tidak akan ditemukan meski dicari.

5. Jangan panik, jangan pula langsung membuat akun baru dengan nama yang sama. Karena bisa-bisa Instagram mengira kamu peretas.

6. Jangan bosan-bosan cek email, pihak Instagram akan mengirimkan email dan langkah pengembalian akun ke email yang digunakan dalam mendaftar akun tersebut.

7. Biasanya pihak Instagram akan meminta kamu menuliskan nama akun tersebut dan nama lengkap beserta kode rahasia dari mereka ke selembar kertas putih lalu foto kertas tersebut dengan wajah kamu untuk melakukan verifikasi.

8. Instagram juga akan mengirimkan email berisi form yang perlu kamu isi untuk mengembalikan akun Instagram tersebut.

9. Jika semua langkah-langkah tadi sudah dilakukan, kamu tinggal berabar untuk menunggu pihak Instagram membalasnya dalam beberapa hari.

Ilustrasi Instagram. (HiTekno.com)
Ilustrasi Instagram. (HiTekno.com)

 

Yang tidak kalah penting dalam mengembalikan akun Instagram yang diretas adalah kesabaran dan ketekunan kamu mengikuti serangkaian prosedur tadi.

Semoga Luna Maya bisa kembali mendapatkan akun Instagram miliknya yang diretas pihak tak bertanggungjawab.

Terkait

Terkini