Selasa, 12 November 2019

Kasus Plagiat Calon Sarjana Disindir Ernest, Ini Tanggapan CEO Infia

Terkena kasus plagiat atau pencurian konten, video terbaru Calon Sarjana mendapatkan 25 ribu Dislike!

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cover_caption
Channel Calon Sarjana. (YouTube)

Hitekno.com - Dalam dua hari terakhir, netizen Indonesia dihebohkan dengan kasus plagiat channel YouTube Calon Sarjana. Sebelumnya, seorang YouTuber internasional dengan channel bernama JT membagikan thread bahwa kontennya telah dicuri oleh Calon Sarjana.

Meski akun resmi Calon Sarjana sudah meminta maaf, berbagai hujatan dan sindiran terus menerpa mereka.

Bahkan saat ini (09/11/2019), video terbaru yang diunggah oleh channel YouTube Calon Sarjana telah menerima 25 ribu Dislike.

"Yet there’s still 100s of stolen videos. 12m subs, ok buddy. (Saat ini masih ada 100an dari video yang dicuri. 12 juta pengikut, ok sobat)," cuit @JTonYouTube saat membagikan screenshot permintaan maaf dari Calon Sarjana.

Sutradara sekaligus komika terkenal, Ernest Prakarsa, ikut menyindir kasus plagiat yang menimpa Calon Sarjana.

Ernest mengkritik keras kasus plagiat Calon Sarjana dengan YouTuber internasional JT. (Twitter/ ernestprakasa)
Ernest mengkritik keras kasus plagiat Calon Sarjana dengan YouTuber internasional JT. (Twitter/ ernestprakasa)

 

"Seriusan Youtube Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan gak bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan udah nyomot-nyomot konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu 1 negara. B*ngk* amat," kata Ernest Prakarsa melalui akun Twitter resminya, @ernestprakasa.

Ia juga menambahkan bahwa sebagai sesama seniman atau kreator, dirinya gampang terpancing emosi kalau ada kasus pencurian ide.

"Sori banget nih. Tapi sebagai sesama seniman/kreator, gw gampang banget kepancing emosi kalo ada kasus pencurian ide. Apalagi oleh korporasi, dan dilakukan berulang-ulang untuk mengeruk keuntungan. B*j*ngan," tambah @ernestprakasa.

Menanggapi hujatan netizen Indonesia dan beberapa influencer ternama, sang CEO Infia Network akhirnya ikut buka suara.

Seperti yang telah diketahui bahwa Calon Sarjana masih dalam satu naungan media dengan Infia Network.

Sang CEO Infia Network, Richo Pramono menyampaikan permintaan maafnya dan bahkan me-mention akun @ernestprakasa agar ia bisa belajar kepada para content creator atau seniman senior.

CEO Infia Network angkat bicara soal kasus Calon Sarjana. (Twitter/ Jerangkah)
CEO Infia Network angkat bicara soal kasus Calon Sarjana. (Twitter/ Jerangkah)

 

"Sekali lagi kami mohon maaf atas kejadian ini. Kejadian ini menjadi pelajaran penting bagi kami untuk lebih intensif memberikan masukan positif kepada partner kami agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Beribu rasa terimakasih juga kami ucapkan untuk @masedoo dan khususnya @ernestprakasa yang telah mengingatkan kami dalam kejadian ini. Sekali lagi, kejadian ini menjadi pelajaran penting dalam perjalanan Infia," kata Richo Pramono dalam akun Twitter resminya, @Jerangkah.

Dalam thread-nya, ia meminta netizen untuk tidak ikut menghardik beberapa partner yang masih menjadi naungan Infia Network seperti Tahi Lalats, JSD, dan lain-lain karena dirinya beranggapan bahwa mereka tidak ada sangkut pautnya dengan kasus plagiat atau pencurian konten yang menyangkut Calon Sarjana.

Jaringan usaha Infia Network. (Twitter/ ernestprakasa)
Jaringan usaha Infia Network. (Twitter/ ernestprakasa)

 

Ia mengakui bahwa mereka masih jauh dari layak, sehingga masih membuka diri dan menerima masukan dari netizen.

Meski sudah meminta maaf, video terbaru di channel YouTube Calon Sarjana masih dihujani dengan komentar negatif serta sindiran dari netizen.

Terkait

Terkini