Kamis, 21 November 2019

Minta Donasi Untuk Kuliah di Turki, Anak Tukang Bubur Ini Banjir Kritikan

Dijelaskan bahwa sosok Novi ini membutuhkan biaya kuliah dengan total harga fantastis yaitu Rp 46.700.000.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cover_caption
Open donasi untuk anak tukang bubur. (Kitabisa.com)

Hitekno.com - Open donasi di situs Kitabisa.com belum lama ini mencuri perhatian. Seorang anak tukang bubur bernama Novi meminta bantuan dana untuk dapat melanjutkan kuliahnya di Turki. Mendapat simpati netizen, open donasi ini rupanya juga banjir kritikan dari netizen.

Donasi yang ditujukan untuk seorang anak tukang bubur bernama Novi ini entah dibuat oleh siapa. Namun, menjadi viral di Twitter usai diunggah netizen.

Sekilas kisah mengenai perjalanan pendidikan Novi, gadis ini sukses diterima kuliah di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Administrasi Bisnis di Kirklareli University, Turki. Sayangnya, gadis ini terhalang biaya sehingga tidak mampu untuk kuliah di Turki.

Tidak diketahui dengan pasti siapa sosok yang membuat open donasi tersebut. Namun, open donasi di situs Kitabisa.com ini dibuat oleh akun Rumah Zakat.

Dijelaskan bahwa sosok Novi ini membutuhkan biaya kuliah dengan total harga fantastis yaitu Rp 46.700.000 untuk biaya pemberangkatan, biaya kuliah, dan biaya hidup.

Donasi untuk anak tukang bubur. (twitter.com)
Donasi untuk anak tukang bubur. (twitter.com)

 

Banyak yang lalu mengkritik open donasi untuk si anak tukang bubur ini. Netizen beranggapan bahwa perlu usaha yang kuat agar bisa kuliah, bukan hanya meminta bantuan netizen untuk melakukan donasi.

''Gausa manjalah, temen gua banyak yang ga kuliah mereka ga ngemis ke Kitabisa, banyak yang lebih pantas untuk didonasiin dibandingkan lu!'' tulis anonim di situs Kitabisa.com.

''Gap year setahun ngapain aja, kalo ga nabung buat kuliah? Jangan manja lah. Banyak orang yang berjuang kerja sambil kuliah, ga ngemis doang'' komentar anonim lainnya.

Selain banjir kritikan, open donasi untuk Novi ini juga menimbulkan pertanyaan dari netizen karena merasa ada banyak hal ganjal dari kisah satu ini.

Donasi untuk anak tukang bubur. (twitter.com)
Donasi untuk anak tukang bubur. (twitter.com)

 

Netizen lain dibuat bingung karena ada beberapa hal yang dirasa mencurigakan dari open donasi untuk Novi ini. Mulai dari biaya kuliah hingga motif donasi yang hanya untuk kuliah satu tahun.

''Gimana mau percaya, bikin perincian biaya aja asal gini. Uang bulanan buat makan 600.000/bulan? 20.000 sehari buat beli makan di Turki? Coy di Indonesia aja, di Bandung deh. Ga bakalan cukup sehari 20.000 buat makan, apalagi di Turki'' tulis netizen.

Hingga artikel ini dibuat, open donasi untuk membantu biaya kuliah anak tukang bubur di Turki sudah mengumpulkan total Rp 3.651.483.

Terkait

Terkini