Kamis, 21 November 2019

Pernah Pakai Konten Ilustrasi Tanpa Izin, Niat Awkarin Jadi Aktivis Dihujat

Niat baik Awkarin ini langsung ditanggapi oleh seorang ilustrator asal Bandung.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cover_caption
Karin Novilda alias Awkarin. (Instagram/ awkarin)

Hitekno.com - Setelah sebelumnya menyampaikan niatan untuk membentuk komunitas aktivis, Awkarin belum lama ini tercyduk ketahuan pernah pakai konten ilustrasi tanpa izin seorang ilustrator. Akibat hal ini, Awkarin banjir hujatan netizen.

Melalui cuitannya di akun @awkarin, selebgram ini menyampaikan keinginannya untuk membentuk komunitas aktivis. Niat baik Awkarin ini langsung ditanggapi oleh seorang ilustrator asal Bandung.

''Pengen deh bikin komunitas activist gitu, untuk daerah Jakarta ya. Segala activist, lingkungan, sosial, ham dll bisa join. Dan tiap minggu kita ngadain pertemuan/ngumpul bareng gitu buat diskusi program apa atau apa kontribusi yang bisa kita buat untuk negeri ini. Ada yang mau ga ya..'' tulis @awkarin.

Ilustrator dengan akun @nadiyahrs ini mengungkap fakta mengenai si selebgram yang pernah kedapatan menggunakan ilustrasi sebagai konten tanpa izin ke ilustrator pembuat karya tersebut.

Awkarin VS ilustrator. (twitter/awkarin)
Awkarin VS ilustrator. (twitter/awkarin)

 

Lebih lanjut, ilustrator ini mengaku akun Instagram miliknya diblokir oleh Awkarin usai dirinya bertanya mengenai konten ilustrasi yang diunggah si selebgram.

Menanggapi langsung balasan ilustrator ini, Awkarin lalu meminta bukti selama 1x24 jam, jika si ilustrator tidak menyertakan bukti dirinya berniat untuk membawa pihak lawyer-nya ke lokasi si ilustrator tersebut.

Tidak tinggal diam, akhirnya ilustrator dengan akun @nadiyahrs ini mengunggah bukti yang ia maksud. Postingan tersebut diketahui berasal dari tahun 2016, dan benar saja, ilustrator ini diblokir oleh Awkarin.

Awkarin VS ilustrator. (twitter/nadiyahhrs)
Awkarin VS ilustrator. (twitter/nadiyahhrs)

 

Usai thread panjangnya viral, aksi ilustrator ini mendapat dukungan dari banyak pihak. Banyak yang berharap jika Awkarin yang ingin menjadi aktivis ini untuk segera buka suara mengenai hal yang terjadi.

''Semoga mbak aktivis @awkarin bisa kasih contoh yang baik ke anak2 muda Indonesia.'' tulis Ernest Prakasa melalui akun @ernestprakasa.

Awkarin VS ilustrator. (twitter/awkarin)
Awkarin VS ilustrator. (twitter/awkarin)

 

''Ya gitu toh hasil dari jadi aktivis dan open minded tapi berdasar trend dan personal branding. Tetep kopong dalemnya. Udah sebel dari lama akhirnya bermasalah lagi nih awkarin. Semangat mb nad pergerakan yg bagus'' komentar akun @bananauyuy.

''@awkarin mbak aktifish ayo dong selesaikan, jangan cuma pamer punya low year aja'' ungkap akun @merseybois_.

Hingga artikel ini dibuat, Awkarin masih belum menyampaikan tanggapannya terkait tercyduk pernah pakai konten ilustrator tanpa izin ini. Jadi, mari sama-sama nantikan ya.

Terkait

Terkini