Selasa, 12 November 2019

Mengenal IndonesiaLeaks, Wikileaks Lokal yang Bocorkan CCTV KPK

IndonesiaLeaks mengungkap CCTV KPK mengenai perusakan buku merah yang berkaitan dengan penyerangan Novel Baswedan.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cover_caption
Gedung KPK. (Suara.com/Muhaimin A Untung)

Hitekno.com - Dunia mungkin mengenal Wikileaks, situs yang menguak ratusan ribu dokumen rahasia milik Amerika Serikat pada tahun 2010 lalu. Serupa dengan Wikileaks, IndonesiaLeaks belum lama ini membuat kehebohan usai membocorkan CCTV KPK.

Tepat pada Kamis (17/10/2019) IndonesiaLeaks melalui beberapa media besar mengungkap CCTV KPK mengenai perusakan buku merah yang berkaitan dengan penyerangan Novel Baswedan.

Dalam CCTV yang beredar, nampak Ruang Kolaborasi KPK di lantai 9 Direktorat Penyidikan. Nampak beberapa pegawai KPK yang sedang duduk di ruangan tersebut sambil membawa sebuah buku merah.

Buku merah sendiri terkait dengan pengusaha impor daging Basuki Hariman yang merupakan terdakwa kasus suap kepada hakim konstitusi Patrialis Akbar pada Januari 2017.

Terlepas dari kasus yang mengiringi bocornya CCTV KPK ini, ada 'sosok' IndonesiaLeaks yang diduga merupakan asal muasal video CCTV KPK tersebut.

IndonesiaLeaks. (indonesialeaks.id)
IndonesiaLeaks. (indonesialeaks.id)

 

Dilansir dari situs resminya, IndonesiaLeaks merupakan platform mandiri bagi informan publik untuk menghadirkan pemberitaan yang berkualitas dan berkepentingan untuk menyuarakan kepentingan publik.

IndonesiaLeaks percaya bahwa informasi yang diberikan sangat dapat membantu terjaganya hak publik untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai hal-hal penting.

Platform ini membuka akses bagi siapa saja untuk mengunggah penemuannya terkait beberapa hal yang terjadi. Identitas informan IndonesiaLeaks sendiri begitu dilindungi dan dipastikan terjaga kerahasiaannya. Agal lebih secure,IndonesiaLeaks menyediakan browser Tor bagi penggunanya.

Seluruh informasi yang masuk ke IndonesiaLeaks akan diterima dan diperiksa oleh beberapa media yang menjadi anggota IndonesiaLeaks. Proses verifikasi dilakukan dengan mengutamakan prinsip jurnalisme investigasi untuk memastikan akurasi dan validasi data.

IndonesiaLeaks. (indonesialeaks.id)
IndonesiaLeaks. (indonesialeaks.id)

 

Berbicara mengenai tujuan, IndonesiaLeaks percaya bahwa metode ini dapat memperkuat media dalam menjalankan fungsi pengawasan, membongkar praktik korupsi, dan memberika suara bagi siapa saja yang tidak dapat bersuara.

Beberapa media yang tergabung dalam IndonesiaLeaks antara lain KBR, Jaring, Tempo, Bisnis Indonesia, CNN Indonesia, Independen.id, Katadata, Tirto, The Jakarta Post, dan Suara.com.

Untuk mengirimkan informasi bagi IndonesiaLeaks, kamu bisa langsung mengakses platform ini dan memilih 'kirim dokumen'. IndonesiaLeaks menjanjikan keamanan identitas si pengirim.

Cukup membuat heboh dengan CCTV KPK yang baru saja terungkap, mari bersama-sama melihat bagaimana IndonesiaLeaks akan mencetak sejarah layaknya Wikileaks atau tidak.

Terkait

Terkini