Rabu, 20 November 2019

Harus Tahu, Ini Cara Kirim Foto via WhatsApp Tanpa Pecah

Jika mulai jengah dengan masalah ini, beberapa solusi berikut mungkin bisa kamu coba.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cover_caption
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/ HeikoAL)

Hitekno.com - Pasti pernah mendapati foto kiriman lewat aplikasi chat WhatsApp tidak sebaik aslinya. Masalah kirim foto pecah ini memang sering dialami, namun bukan berarti tak ada solusinya.

Foto yang dikirim via WhatsApp biasanya mengalami penurunan kualitas sehingga menjadi pecah. Hal ini disebabkan karena WhatsApp sering kali melakukan kompres foto untuk memudahkan proses pengiriman.

Jika mulai jengah dengan masalah ini, beberapa solusi berikut mungkin bisa kamu coba agar masalah kirim foto lewat WhatsApp ini teratasi.

Yang pertama untuk pengguna Android, cara mengirimkan foto via WhatsApp tanpa pecah bisa melalui 'dokumen' yang terdapat di kolom pilihan.

Jika sudah terbuka, masuk ke 'browse other documents' untuk memilih foto yang akan dikirim. Jangan lupa untuk memilih 'send' dalam tampilan pop-up di layar kamu.

Kirim foto via WhatsApp di Android. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)
Kirim foto via WhatsApp di Android. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

 

Nantinya, foto yang terkirim akan berupa file dokumen dengan format JPG.

Namun, jangan berharap kamu dapat melihat thumbnail foto layaknya mengirim foto biasa, karena tampilan yang muncul di layar kamu hanyalah file dokumen biasa.

Tampilan file tipe Document. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)
Tampilan file tipe Document. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

 

Jangan lupa untuk menyimpan foto secara manual ka galeri ya, karena foto yang dikirim tidak akan masuk secara otomatis ke galeri.

Untuk melakukan pencarian biasa, kamu bisa mencoba untuk melihat file tersebut di folder 'WhatsApp Documents'.

Selanjutnya untuk pengguna iOS, agak sedikit rumit. Simak baik-baik ya.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyimpan file foto ke 'Files App'. Sesudah itu, kamu bisa langsung mengirimkan file foto melalui WhatsApp.

Kirim foto via WhatsApp di iOS. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)
Kirim foto via WhatsApp di iOS. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

 

Caranya dengan memilih pilihan 'Document', kemudian memilih file yang akan dikirim. Sama seperti Android, kamu perlu mengirimkan file foto tersebut secara manual ke galeri.

Satu hal yang perlu kamu ingat saat mengirim foto dalam format 'document', tentu memakan penggunaan data yang lebih banyak. Jadi siap-siap data kamu terkuras habis ya.

Kalau sudah mengikuti seluruh cara di atas, dapat dipastikan jika masalah kirim foto yang sering pecah saat dikirim via WhatsApp tidak lagi terjadi.

Terkait

Terkini