Rabu, 11 Desember 2019

Aplikasi Keamanan Google Bisa Deteksi Kecelakaan Mobil dan Panggil 911

Aplikasi tersebut akan secara otomatis menelepon 911.

Dinar Surya Oktarini
Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/ Isaac Mehegan)
Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/ Isaac Mehegan)

Hitekno.com - Apple Watch telah memiliki fitur keamanan deteksi jatuh yang bisa menyelamatkan banyak nyawa, kini Google berencana menerapkan semacam itu untuk keselamatan mobil.

Dilansir dari XDA Developers via The Verge, Google tengah mengerjakan aplikasi keamanan pribadi dengan deteksi kecelakaan mobil.

Dengan bantuan berbagai sensor termasuk accelerometer dan mikrofon, ponsel Pixel akan berusaha mendeteksi kecelakaan.

Jika terjadi, telepon akan menyebunyikan alarm dengan keras dan jika tak ada respon, secara otomatis akan menelepon 911 dan memberikan lokasi ke layanan darurat di AS.

Pengembang XDA berhasil menangkap daftar Play Store yang diunggah Google sebelum waktunya.

Hal itu mencakup beberapa tangkapan layar dari aplikasi keamanan pribadi.

Ilustrasi Google. (pixabay/digitalfpade)
Ilustrasi Google. (pixabay/digitalfpade)

 

Berdasarkan gambar-gambar tersebut, orang akan memiliki lebih dari satu kesempatan setelah kecelakaan yang terdeteksi untuk mengonfirmasi bahwa mereka baik-baik saja dan mencegah panggilan darurat dan meminta respon kedua kali sebelum memulai proses 911.

Nantinya fitur Google ini akan mengandalkan lokasi dari ponsel Pixel, sensor gerak dan audio sekitar dari mikrofon untuk mencari tahu apakah ada kecelakaan.

Jadi mungkin ada saatnya pengemudi harus mengetuk ''OK'' unutk menghentikan panggilan darurat, setelah memastikan semuanya baik-baik saja, Personal Safety menanyakan apa yang terjadi.

Fitur penyelamat ini baru tersedia di Amerika Serikat, kemungkinan aplikasi ini akan debut sebagai trik perangkat lunak baru dari Pixel 4 sebelum berkembang ke perangkat Pixel yang lama.

Terkait

Terkini