Sabtu, 11 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 30 September 2019 | 10:45 WIB

Hitekno.com - Netizen menemukan sebuah surat keterangan yang unik dan tidak ada lagi di masa ini. Yaitu Surat Keterangan Tidak Terlibat G30S / PKI.

Surat keterangan ini langsung saja menarik perhatian netizen lainnya setelah dipostingkan Facebook Candra Putra Ramadhan pada 29 September 2019.

Langsung saja netizen menyerbu kolom komentar postingan yang viral di Facebook ini. Banyak yang menyoroti surat keterangan jadul ini.

Namun sayangnya, netizen malah salah sangka. Banyak yang menyangka surat ini kini menjadi Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK.

Hal ini terungkap dalam kolom komentar postingan yang surat keterangan yang viral di Facebook tersebut. Padahal surat ini bukan yang menjadi SKCK zaman sekarang.

SKCK sendiri, dulunya bernama Surat Keterangan Kelakuan Baik atau disingkat SKKB. Dan surat ini berbeda dengan Surat Keterangan Tidak Terlibat G30S / PKI.

Menurut netizen dengan akun Facebook Nuruddin Araniri, dulunya bagi pendaftar PNS, TNI dan Polri, wajib memiliki dua surat keterangan ini.

Surat Keterangan Tidak Terlibat G30S / PKI. (Facebook/ Candra Putra Ramadhan)

 

Namun netizen tidak berhenti di situ, banyak yang salah fokus pada bagian-bagian lainnya. Karena memang sangat jarang lagi ada surat keterangan semacam ini sekarang.

"Buset, itu tanda tangan apa kebon," komentar Ardan.

"Nomor KTP nya hanya 3 digit, benar-benar Indonesia doeloe sekali," tulis Muhammad Iqbal Asshobari.

"Simbah saya jg punya tu," ungkap Aan Meira.

"Sekarang beliau sudah berumur 68 th," jeli Achmad Sirojuddin.

Itulah Surat Keterangan Tidak Terlibat G30S / PKI jadul yang membuat netizen ramai hingga viral di Facebook. Apakah kamu pernah ketemu semacam ini?

BACA SELANJUTNYA

Pinggang Artis Korea Seo Ye Ji Bikin Salfok, Ini 5 Komentar Kocak Netizen