Jum'at, 03 April 2020

Diduga Depresi Kerja, Karyawan Facebook Ini Nekat Bunuh Diri di Kantor

Kasusnya ini diungkap salah satu YouTuber yang pernah bekerja di Facebook.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Facebook. (Unsplash/Alex Haney)
Ilustrasi Facebook. (Unsplash/Alex Haney)

Hitekno.com - Seorang karyawan Facebook dilaporkan bunuh diri melompat dari gedung kantor milik Mark Zuckerberg tersebut di Menlo Park, California.

Kantor pemeriksa kasus tersebut di wilayah San Mateo mengidentifikasi pria tersebut bernama Qin Chen, seorang warga San Mateo.

Sehari setelah hari kematiannya, penyebab Pria berusia 38 tahun melompat dari lantai 4 gedung Facebook belum diketahui.

Dilansir dari laman World of Buzz, salah satu YouTuber bernama Shyu merasa ada sesuatu yang mencurigakan tentang kasus ini, pasalnya ia pernah bekerja sebagai karyawan di Facebook.

Ia mengunggah video dan menjelaskan budaya bekerja perusahaan Facebook yang akan memberi keluarga Chen dan teman-teman tentang apa yang memotivasi dirinya untuk mengakhiri hidupnya di kantornya sendiri.

Tak hanya itu, Shyu juga mengumpulkan beberapa intel dari Facebook Blind, yang merupakan aplikasi obrolan internal anonim dan menemukan banyak karyawan Facebook lainnya.

Ilustrasi Facebook. (Unsplash/ Joshua Hoehne)
Ilustrasi Facebook. (Unsplash/ Joshua Hoehne)

 

Menurut Shyu, Chen dulu bekerja untuk grup periklanan Facebook yang dapat digambarkan sebagai salah satu kelompok yang sangat stress.

Peringkat kinerja Chen menurun dan perusahaan memindahkannya ke PIP atau rencana pengingkatan kerja-kelompok ini merupakan jalan bagi karyawan yang akan dipecat.

Chen mencoba memperbaiki kinerjanya sebelum dipindahkan ke tim yang berbeda, namun akhir kuartal berakhir ia menerima peringkat yang buruk oleh manajernya.

Selain itu, Chen dilaporkan mencoba untuk menunda proses tetapi diblokir oleh skip internal dan satu jam sebelum pemeriksaan ia diduga melompat bunuh diri.

Shyu juga melakukan polling di grup aplikasi Blind tersebut dan menunjukkan polling di mana 61,8 persen karyawan mengakui bahwa Chen merasa tertekan.

Sebelumnya, dilaporkan peristiwa mengenaskan yang menimpa salah satu karyawan Facebook tersebut terjadi pada hari Kamis (19/9/2019).

Saat itu polisi Menlo Park menerima telepon pada pukul 11.30 pagi mengenai seorang lelaki yang melompat dari sebuah bangunan di 100 blok Jefferson Drive.

Polisi dan Distrik Perlindungan Kebakaran Menlo Park sudah mendapati pria tersebut tidak responsif dan dinyatakan meninggal di tempat kejadian.

Terkait

Terkini