Jum'at, 06 Desember 2019

Netizen Sempat Keluhkan Twitter Lambat, Berkaitan dengan Demo?

Netizen mengeluh akses Twitter lewat web lambat, kenapa?

Agung Pratnyawan
Ilustrasi Twitter. (unsplash/Marten Bjork)
Ilustrasi Twitter. (unsplash/Marten Bjork)

Hitekno.com - Pada Selasa (24/9/2019) netizen sempat mengeluhkan akses Twitter yang lamban. Awalnya diduga terkait dengan aksi demonstrasi Mahasiswa di sejumlah kota.

Sejak pagi, sejumlah netizen mengeluh jika mereka kesulitan akses Twitter melalui web di PC. Ada pula yang mengeluh dari provider internet dan seluler tertentu.

Hal ini sempat membuat spekulasi netizen di media sosial tentang adanya pembatasan akses media sosial, terutama Twitter oleh Kominfo.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kominfo sempat memberlakukan batasan akses media sosial. Bahkan pemblokiran internet sempat diberlakukan.

Pembatasan layanan internet terbaru diberlakukan di wilayah Wamena, Papua menyusul memanasnya situasi. Pembatasan ini juga telah secara resmi diumumkan Kominfo pada 23 September 2019.

Namun kelambatan akses Twitter versi web ini dilontarkan oleh netizen yang berada di wilayah DKI Jakarta sejak Selasa pagi (24/9/2019).

Beberapa netizen mengutarakan kalau mereka harus memakai VPN untuk bisa mengakses Twitter lewat PC mereka. Jika tidak, media sosial ini tak terbuka.

Netizen keluhkan akses Twitter lambat. (Twitter)
Netizen keluhkan akses Twitter lambat. (Twitter)

 

Namun setelah ditelusuri, Kominfo tidak memberlakukan pembatasan akses interneti maupun akses media sosial di wilayah tertentu.

Seperti pantauan tim HiTekno.com, akses Twitter lancar sepanjang hari. Dan di Selasa sore tak muncul lagi keluhan netizen soal lambatnya akses ini.

Melalui Plt. Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu menyatakan tidak ada tindakan apapun terhadap Twitter dalam hari-hari ini.

Menurut @ndorokakung, Kominfo tidak mendapatkan permintaan pelambatan internet untuk wilayah Jakarta, Yogyakarta, dan wilayah lain.

Pembatasan akses Internet oleh Kominfo hanya diberlakukan di wilayah Wamena dan beberapa titik di Papua saja. Bukan di DKI Jakarta.

Tidak ada pembatasan dari Kominfo. (Twitter/ ndorokakung)
Tidak ada pembatasan dari Kominfo. (Twitter/ ndorokakung)

 

Hingga tulisan ini dibuat, belum diketahui penyebab dari lambatnya akses Twitter yang dikeluhkan sejumlah netizen di media sosial.

Terkait

Terkini