Rabu, 18 September 2019

Tanggapi Berita Indonesia, Menteri Muda Malaysia Marah dan Tuntut Keadilan

Syed Saddiq marah setelah tahu berita dari media Indonesia yang berisi pernyataan "hanya lempar-lempar air".

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
cover_caption
Menpora Malaysia, Syed Saddiq. (Instagram/ syedsaddiq)

Hitekno.com - Kata Indonesia masih bercokol pada deretan 10 besar trending topic Twitter regional Malaysia pada hari Sabtu (09/07/2019). Topik mengenai Indonesia juga masih hangat dibahas oleh menteri muda Malaysia, Syed Saddiq.

Ia memberikan cuitan yang berisi tuntutan keadilan setelah menganggap salah satu berita dari media Indonesia kurang tepat menggambarkan situasi yang sebenarnya.

Sebagaimana diketahui, pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9/2019), diwarnai kericuhan.

Terkait peristiwa tersebut, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan jika yang terjadi pada Kamis malam hanyalah aksi lempar air mineral antarsuporter.

"Tidak ada (kerusuhan suporter bola di GBK), hanya lempar-lempar air saja," kata Argo di Polda Metro Jaya, Jumat (6/9/2019).

Cuitan Menpora Malaysia, Syed Saddiq yang menuntut keadilan setelah kejadian ricuh di SUGBK. (Twitter/ SyedSaddiq)
Cuitan Menpora Malaysia, Syed Saddiq yang menuntut keadilan setelah kejadian ricuh di SUGBK. (Twitter/ SyedSaddiq)

 

Perkataan dari Kombes Argo Yuwono akhirnya sampai juga ke Syed Saddiq sehingga ia langsung menyoroti salah satu media Indonesia yang memberitakannya.

Syed Saddiq, selaku Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, mengklaim bahwa yang terjadi di Stadion Utama Gelora Bung Karno lebih dari sekadar "lempar-lempar air".

Menteri Malaysia yang berumur 26 tahun ini memberikan daftar pertanyaan balik dengan nada kemarahan sehingga cuitannya viral di Twitter.

Cuitan Syed Saddiq berhasil viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 28 ribu Retweet dan 19 ribu Like.

Kata Indonesia masih masuk dalam 10 besar trending di Malaysia pada hari Sabtu (07/09/2019). (Trends24.in)
Kata Indonesia masih masuk dalam 10 besar trending di Malaysia pada hari Sabtu (07/09/2019). (Trends24.in)

 

Ia mempertanyakan kenapa pertandingan harus diberhentikan dan mereka harus dikarantina selama lebih dari 2 jam jika memang hanya "lempar-lempar air".

Syed Saddiq mengklaim bahwa ia melihat dengan mata kepalanya sendiri seorang suporter di depannya terkena objek besi.

Cuitannya mendapatkan beragam komentar dari netizen Malaysia maupun netizen Indonesia.

"Betul. Minta maaf pun tak cukup. Perlu ada yang dibayar ganti karena kami sebagai tamu telah marah," kata netizen asal Malaysia, @zarahana21.

Polisi mengamankan suporter Indonesia saat mereka mencoba menyerang suporter Malaysia Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). (Suara_Arya Manggala)
Polisi mengamankan suporter Indonesia saat mereka mencoba menyerang suporter Malaysia Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). (Suara.com/ Arya Manggala)


.
"Memang lah lempar air, tapi air kencing, kita tak boleh kompromi dengan hal macam ini," tulis @fadkashiwara.

"Waduh pak, santai bae.... menteri kan? Ini game, ada lah supporter2 yang kadang-kadang out of control. Gak perlu reaksi berlebihan kali, kayak bangsa bar bar aja kami dianggap, segitunya," balas netizen Indonesia, @tondimuh9.

Nada marah dan penekanan dalam cuitan Syed Saddiq membuat kata Indonesia masih masuk dalam deretan trending di Twitter regional Malaysia.

Terkait

Terkini