Senin, 18 November 2019

Mulai 4 September 2019 Blokir Internet di Papua Turun ke Level Kabupaten

Mulai 4 September 2019 blokir internet di Papua akan dicabut dan diterapkan per kabupaten atau kota.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Menteri Telekomunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Suara.com/Arief Apriadi).

Hitekno.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan level blokir internet di Papua dan Papua Barat akan diturunkan.

Tidak lagi ke level provinsi, blokir internet di Papua dan Papua Barat turun ke level kabupaten setelah kondisi keamanan di wilayah paling timur Indonesia itu mulai kondusif.

Rudiantara, yang ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/9/2019), mengatakan penurunan level blokir internet dari tingkat provinsi ke kabupaten merupakan skenario yang disiapkan pemerintah setelah Menkopolhukam Wiranto berjanji akan mecabut blokir internet di Papua pada 5 September mendatang.

"Kita sudah membuat skenario untuk menurunkan level pembatasan. Nah pembatasan yang sekarang dilakukan adalah pembatasan terhadap layanan data kan, berdasarkan Provinsi, Papua dan Papua Barat," ujar Rudiantara.

Adapun kota atau kabupaten yang blokir internetnya dicabut adalah yang dinilai pemerintah sudah aman atau kondusif.

"Sehingga katakanlah di Papua tidak semua kabupaten kota diberikan pembatasan. Yang harus dibatasi, dibatasi, yang tidak ya tidak," kata Rudiantara.

Karena itu pihaknya akan mencabut pemblokiran internet di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat secara bertahap mulai besok, 4 September 2019.

Ilustrasi kecepatan internet. (Pixabay)
Ilustrasi kecepatan internet. (Pixabay)

 

Kota dan kabupaten yang blokir internetnya akan dibuka akan diumumkan malam ini oleh Kominfo.

"Nah ini sedang kita koordinasikan kabupaten, kota mana saja. Malam ini mudah-mudahan sudah ada ini (datanya). Sehingga secara bertahap besok sudah bisa dilakukan, diaktifkan kembali layanan datanya di beberapa kabupaten, kota," tuturnya.

Lebih lanjut, Rudiantara mengatakan dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak aparat keamanan setempat seperti kepolisian dan BIN untuk membuka layanan data internet secara bertahap.

Adapun blokir internet di Papua dan Papua Barat sudah berlangsung sejak 21 Agustus 21019 lalu. (Suara.com/ Ummi Hadyah Saleh).

Terkait

Terkini