Minggu, 22 September 2019

Lawan Rasisme, Netizen Hingga Artis Buat Gerakan #SayaMonyet

Aksi ini ia lakukan untuk menunjukan toleransi dan tindakan melawan rasisme yang marak terjadi.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cover_caption
#SayaMonyet. (instagram.com)

Hitekno.com - Persekusi mahasiswa Papua di Surabaya yang berujung pada umpatan rasisme yang menyebut 'monyet', 'babi', 'anjing', hingga 'kera' cukup membuat sakit hati belum lama ini. Dianggap sebagai penghinaan terhadap masyarakat Papua, beberapa netizen hingga artis membuat gerakan #SayaMonyet pada Senin (19/8/2019).

Dilansir dari Suara.com aksi persekusi yang berujung unjuk rasa mahasiswa dan masyarakat Papua ini disebabkan oleh beredarnya video yang viral di media sosial. Video tersebut dianggap sebagai penghinaan terhadap masyarakat Papua yang disamakan dengan monyet.

Diduga, video ini direkam saat massa melakukan aksi pengepungan terhadap Asrama Mahasiswa Papua di kawasan Surabaya, Jawa Timur saat perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-74, Sabtu (17/8/2019) lalu.

Aparat kepolisian diketahui sedang melakukan penyelidikan untuk segera menangkap pemilik akun media sosial yang menyebarkan konten rasisme tersebut.

Memberikan pembelaan dan aksi melawan rasisme, beberapa netizen hingga artis di media sosial ramai-ramai membuat gerakan dengan hashtag #SayaMonyet.

Berada di top posts unggahan di Instagram, sutradara Indonesia, Angga Sasongko mengunggah potret seekor monyet lengkap dengan hashtag #SayaMonyet dan #lawanrasisme.

Lahir dari seorang Ayah yang berasal dari Jawa dan Ibu dari suku Minahasa, Angga Sasongko dengan tegas menyebut dirinya adalah monyet. Aksi ini ia lakukan untuk menunjukan toleransi dan tindakan melawan rasisme yang marak terjadi.

''Saya Angga Dwimas Sasongko, lahir di Jakarta dengan seorang Ayah dari suku Jawa dan Ibu dari suku Minahasa. Bila orang Papua diteriaki monyet di Negara yang dulu menjanjikan mereka kesejahteraan, maka saya pun monyet. Kamu? #SayaMonyet #lawanrasisme'' tulis @anggasasongko.

#SayaMonyet. (instagram/anggasasongko)
#SayaMonyet. (instagram/anggasasongko)

 

Mencuri perhatian netizen hingga rekan artis, unggahan Angga Sasongko ini banjir komentar yang juga menggunakan hashtag #SayaMonyet.

''#SayaMonyet #LawanRasisme #F*ckRacism'' tulis Rio Dewanto dalam kolom balasan tersebut.

''#SayaMonyet'' tulis artis peran Aurelie Moeremans ikut dalam gerakan ini.

Aktor muda, Iqbaal Ramadhan melalui Instagram Story miliknya juga ikut menunjukan aksi #SayaMonyet layaknya Angga Sasongko.

#SayaMonyet. (instagram/iqbaal.e)
#SayaMonyet. (instagram/iqbaal.e)

 

Menunjukan penolakan terkait aksi rasisme yang sedang terjadi, hingga artikel ini dibuat, terhitung sudah ada lebih dari 1.000 komentar di kolom balasan Angga Sasongko yang berisi komentar netizen dan artis yang turut ikut dalam gerakan #SayaMonyet ini.

Terkait

Terkini