Senin, 21 September 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 08 Agustus 2019 | 22:14 WIB

Hitekno.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sedang disibukkan dengan proyek Palapa Ring. Rencananya, proyek ini akan selesai pada September 2019.

Kemkominfo juga menargetkan kalau proyek Palapa Ring ini akan rampung pada September 2019.

Saat ini hanya Palapa Ring Timur yang belum rampung dibangun. Palapa Ring Barat telah selesai digelar pada Maret 2018, sementara Palapa Ring Tengah selesai dibangun pada Desember 2018.

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Achmad Latif kepada Antara di Jayapura, Kamis (8/8/2019), mengatakan bahwa saat ini pembangunan Palapa Ring Timur hanya menyisakan di Provinsi Papua.

"Target kami September 2019 ini semua jaringan selesai dibangun sehingga dapat menunjukkan masyarakat di Papua dapat menikmati layanan broadband," kata Anang.

Menurut Anang, layanan broadband ini dapat dinikmati masyarakat di Provinsi Papua pada fasilitas sekolah, puskesmas, kantor-kantor desa dan lain sebagainya.

"Dalam empat tahun terakhir, kami fokus bagaimana mengembangkan Papua, Nusa Tenggara dan Maluku yang memiliki kemiripan dengan negara-negara Pasifik," ujarnya.

Rudiantara dan proyek Palapa Ring. (Kominfo)

 

Dia menjelaskan pihaknya tengah menghubungkan semua kota khususnya di wilayah timur Indonesia melalui pembangunan jaringan broadband atau pita lebar yang disebut Palapa Ring ini.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan proyek Palapa Ring Timur menjangkau 35 kabupaten/kota yang tersebar di empat provinsi Indonesia: Papua, Papua Barat, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.

Proyek Palapa Ring Timur dibangun dengan menghabiskan kabel serat optik sepanjang 8.454 kilo meter dengan nilai proyek mencapai Rp 5,1 triliun.

Proyek Palapa Ring sebelumnya ditargetkan rampung pada pertengahan 2019. Tetapi hingga Agustus tahun ini, proyek tersebut masih terkendala di wilayah Timur. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Pegawai Kominfo Diduga Mesum di Mobil, Netizen Malah Buat Cuitan Kocak Ini