Senin, 01 Juni 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 08 Agustus 2019 | 11:42 WIB

Hitekno.com - Saat mati listrik di Jabodetabek dan sekitarnya kemarin, sempat viral foto perjuangan petugas PLN memperbaiki aliran listrik. Foto tersebut sempat viral di Twitter pada Minggu (4/8/2019) kemarin.

Tidak sedikit netizen yang mengunggah ulang foto tersebut dan mengatakan bahwa itu merupakan potret perjuangan petugas PLN, saat bekerja memperbaiki listrik yang padam.

Foto tersebut tidak hanya diunggah dan viral di Twitter, tetapi juga di media sosial lainnya seperti Instagram hingga WhatsApp.

Salah satu foto beredar memperlihatkan beberapa petugas yang tengah menyusuri kabel di ketinggian. Foto yang viral di Twitter ini memang nampak sangat dramatis.

Rupanya, foto serupa juga ditemukan di halaman Facebook Power Transmission Corporation of Uttarakhand Limited (PTCUL) yang diunggah pada 30 Juli lalu.

Melihat fakta tersebut, membuat sebagian besar netizen mempertanyakan keaslian dari foto yang telah diunggah.

PTCUL sendiri merupakan perusahaan yang membangun dan mengoperasikan tegangan ekstra tinggi dan berlokasi di India.

Aksi petugas listrik yang disebut dari PLN. [Twitter]

 

Tidak sedikit netizen yang menyayangkan atas viralnya foto ini karena tidak mengecek sumber atau keaslian dari foto tersebut.

"Mba, kalau posting foto mbok ya cek ricek dulu sumbernya. Ini hoax toh..." tulis akun SilviaSari.

"Itu foto di India," komentar amasna.

"Mau taroh sini aja," tambah dikancut sambil mengunggah foto yang berasal dari PTCUL.

Aksi petugas listrik yang disebut dari PLN. [Facebook]

 

Itulah fakta lain dibalik foto petugas PLN yang viral di Twitter saat mati listrik kemarin. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).