Jum'at, 20 September 2019

Berkat Aplikasi Pendidikan, Mantan Guru Ini Jadi Triliuner

Harta miliknya kini sebesar 1 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 14 triliun.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Byju Raveendran dalam aplikasi pendidikan Byju's. (Byju's)

Hitekno.com - Nasib orang siapa sangka, yang dulunya susah bisa menjadi tak terduga. Seperti seorang mantan guru satu ini yang kini menjadi seorang triliuner.

Dia adalah Byju Raveendran, pria berusia 37 tahun yang dulunya seorang guru berhasil menjadi kaya raya berkat sebuah aplikasi pendidikan.

Mengutip dari ABC News, pria asal India ini telah mengantongi harta sebesar 1 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 14 triliun.

Kekayaan sebanyak ini didapatkan dari aplikasi pendidikan yang ia kembangkan. Aplikasi pendidikan bernama Byju's mendapatkan banyak investor.

Tercatat aplikasi pendidikan Byju's meraup dana dari investor hingga valuasi startup ini tembus 5,7 miliar dolar AS atau setara Rp 81 triliun.

Pria ini diketahui memiliki 21 saham dari perusahaan startup ini. Investor dari aplikasi pendidikan ini tak main-main.

Dari Qatar Investment Authority, Tencent hingga Mark Zuckerberg mengucurkan dana untuk pengembangan aplikasi Byju's tersebut.

Byju Raveendran dalam aplikasi pendidikan Byju's. (Facebook/ Mark Zuckerberg)
Byju Raveendran dalam aplikasi pendidikan Byju's. (Facebook/ Mark Zuckerberg)

 

Byju Raveendran sendiri dilahirkan dari pasangan orangtua yang berprofesi sebagai guru juga. Orangtuanya adalah pasangan guru matematika dan fisika.

Pria India ini pernah bekerja sebagai engineer, namun ia menemukan passion dalam bidang pendidikan dan memang gemar mengajar.

Metode pengajaran Byju Raveendran dianggap ampuh dan cepat diserap siswa didiknya. Lalu ia menjadi tenar sebagai pengajar.

Kemudian pada 211 ia bertemu dengan Divya Gokulnath untuk mengembangkan aplikasi pendidikan Byju's. Yaitu aplikasi edukasi online untuk anak 5 hingga 16 tahun.

Dalam pengajarannya, aplikasi ini memanfaatkan metode melalui kuis, game, hingga video interaktif. Sehingga siswa didiknya mudah mengerti.

Byju Raveendran dalam aplikasi pendidikan Byju's. (Byju's)
Byju Raveendran dalam aplikasi pendidikan Byju's. (Byju's)

 

Menurut CNBC, Aplikasi Byju's sendiri telah memiliki lebih dari 35 juta user di India. 2,5 juta di antaranya membayar pertahun antara 145 dolar AS hingga 290 dolar AS.

Kesuksesan aplikasi pendidikan Byju's ini diklaim sebagai perusahaan teknologi edukasi paling bernilai di dunia. Dan sekarang mulai ekspansi ke luar India.

Seperti di Amerika Serikat dan Inggris, Byju Raveendran menggandeng Disney sebagai mitranya. Kemitraan ini akan memberikan izin memakai karakter Disney yang populer.

Jika ekspansi aplikasi pendidikan asal India ini sukses, tak heran kalau mantan guru ini bakal mendapatkan pundi-pundi harta lebih tinggi lagi.

Terkait

Terkini