Senin, 26 Agustus 2019

Tumbang Bersamaan Sejak Malam, Ini Konfirmasi Pihak Facebook CS

Pihaknya menyalahkan tumbangnya tiga media sosial tersebut karena dipicu selama adanya ''operasi pemeliharaan rutin.''

Dinar Surya Oktarini
cover_caption
Ilustrasi kantor Facebook.(Unsplash/ Alex Haney)

Hitekno.com - Media sosial Facebook, Instagram dan WhatsApp tumbang bersamaan tak bisa memuat gambar, video dan data lainnya kemarin malam, Rabu (3/7/2019).

Netizen mulai mengeluhkan hal itu karena tak bisa mengakses foto dan video dan suara pada tiga aplikasi di bawah naungan Mark Zuckerberg ini.

Dilansir dari laman The Verge, Facebook mengatakan sebelumnya hari ini bahwa mereka mengetahui masalah tersebut dan bekerja untuk mengembalikan semuanya ke normal secepat mungkin.

Pihaknya menyalahkan tumbangnya tiga media sosial tersebut karena dipicu selama adanya ''operasi pemeliharaan rutin.''

Saat tumbang tak bisa diakses, pihak Facebook mengungga pesan ke akun Twitter resminya yang mengatakan ''Kami menyadari bahwa beberapa orang kesulitan mengunggah atau mengirim gambar, video, dan file lainnya di aplikasi kami. Kami mohon maaf atas masalahnya dan berupaya mengembalikan semuanya secepat mungkin.''

Pernyataan Facebook, (Twitter/Facebook)
Pernyataan Facebook, (Twitter/Facebook)

 

Tak hanya Facebook, pihak Instagram juga mengunggah permohonan maaf serupa kepada netizen di Twitter resminya.

Menurut pantuan tim HiTekno di situs Down Detector, baik Facebook, Instagram dan Facebook mengalami masalah dalam waktu yang bersamaan.

Masalah yang ditimbulkan berbeda di masing-masing negara.

Tercatat mulai pukul 21.00 WIB hari ini (03/07/2019), laporan masalah mulai memuncak hingga menyentuh lebih dari 14 ribu laporan.

Masalah yang ditemukan di WhatsApp. (Down Detector)
Masalah yang ditemukan di WhatsApp. (Down Detector)

 

Melalui situs Down Detector, di WhatsApp, kebanyakan laporan membahas mengenai Sending or Receiving Messages (74 persen), Connection (24 persen) dan Log-in.

Sementara di Instagram tercatat laporan masalah banyak membahas mengenai News Feed (90 persen), Website (6 persen) dan Log-in (3 persen).

Di Facebook, saat artikel ini dibuat, laporan masalah sudah menunjukkan grafis yang menurun.

Tumbangnya Facebook, Instagram dan WhatsApp berlangsung hingga tengah hari, dengan Facebook merilis pernyataan kedua, di mana ia meminta maaf atas ketidaknyamanan. Media sosial Facebook mencantumkan akan adanya pemadaman sebagian dengan catatan yang mengatakan bahwa perusahaan sedang memperbaiki.

Pernyataan Instagram, (Twitter/Instagram)
Pernyataan Instagram, (Twitter/Instagram)

 

Pagi hari, Kamis (4/7/2019) Instagram juga mengunggah pernyataan kembalinya mereka setelah tumbang, bahwa kini platformnya sudah bisa diakses secara normal kembali.

Kini pemadaman telah berakhir, media sosial Facebook, Instagram serta WhatsApp sudah bisa diakses kembali.

Terkait

Terkini