Selasa, 02 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 02 Juli 2019 | 14:00 WIB

Hitekno.com - Dituntut harus menghadapi masalah sendirian saat hidup merantau di asrama membuat salah satu mahasiswa ini berpikir kreatif. Diketahui mahasiswa ini sering mengalami pencurian di kamar asramanya, sehingga ia memiliki ide untuk membuat sistem kunci yang ia buat sendiri.

Baru-baru ini salah satu temannya mengunggah video di Twitter dan menjadi viral, dalam video tersebut menunjukkan bagaimana seorang remaja memprogram kunci untuk kamar asramanya.

Dalam sistem yang ia buat untuk kamar asramanya, ia hanya memerlukan kartu ID yang terdaftar dalam program tersebut agar bisa membuka kamarnya.

Dilansir dari laman Metro, mahasiswa yang diketahui bernama Danial Faiz ini memasang kunci pintu otomatis untuk meningkatkan keamanan kamar asrama kampusnya.

Menurutnya, sudah terlalu banyak kasus pencurian di sekitar kampusnya dan meresahkan mahasiswa.

Kunci sistem otomatis DIY. (Twitter/@DECI93725960)

 

Terinspirasi karena hal itu, ia menciptakan sistem yang ia rakit sendiri dengan bahan-bahan seadanya. Tujuannya sederhana, agar tidak semua orang bisa dengan mudahnya masuk ruangan hanya dengan modal kawat.

Mahasiswa Kolej Matrikulasi Kejuruteraan Pahang ini mengatakan bahwa ia mengambil inisiatif untuk mengistal sistem yang menggunakan Radio Frequency Identification dengan harga yang terjangkau.

Menurut pengakuannya ia mempelajari membuat sistem tersebut dengan menonton salah satu video di YouTube dan ia dapat menyelesaikannya salam waktu satu hari saja.

Selain itu,  Danial juga sudah mendaftarkan tiga ID teman kamar asramanya ke dalam program.

Awalnya, Danial Faiz tak mengetahui bahwa teman-temannya mengunggah video tersebut dan viral.

Sebelum videonya viral, Daniel pernah memenangkan penghargaan kedua di kejuaraan World Robot Summit Junior School R0bot Challenge Trial Competition 2017 di Tamagawa Academy & University di Jepang.

Daniel Faiz pembuat kunci DIY otomatis ini sudah tertarik dengan bidang teknik dan sistem robotika dari usia 8 tahun.

Ia mengaku cukup banyak orang yang memintanya untuk mengajari cara membuat sistem tersebut dan ia akan membuat video tutorial kunci otomatis DIY sehingga bisa bermanfaat untuk semua orang.

BACA SELANJUTNYA

Bikin Takjub, Potret Ini Bukti Netizen Indonesia Super Kreatif