Senin, 17 Juni 2019

Dikira Meteor yang Jatuh dari Langit, Bongkahan Ini Ternyata Tinja Beku

Bongkahan yang diduga meteor tersebut memiliki warna pucat kuning-kecoklatan dengan sedikit tekstur transparan di permukannya.

Dinar Surya Oktarini
cover_caption
Ilustrasi meteor. (Shutterstock)

Hitekno.com - Sebuah peristiwa kocak, miris sekaligus unik terjadi di sebuah kecil di India. Salah satu warganya mengaku melihat sebuah benda seperti batu jatuh dari atas langit di sebuah lahan kosong.

Dilansir dari The Indian Express, peristiwa ini terjadi di Fazilpur Badli, negara bagian Haryana.

Bongkahan yang diduga meteor tersebut memiliki warna pucat kuning-kecoklatan dengan sedikit tekstur transparan di permukannya.

Balwan Pemilik lahan tempat bongkahan yang dikira meteor ini mengaku mendengar suara seperti pesawat yang melintas dibarengi bongkahan tersebut jatuh dari langit.

Bongkahan yang diperkirakan mencapai 8 sampai 10 kg tersebut awalnya dikira warga desa bongkahan es, tapi tidak mencair.

Sehingga masyarakat sekitar menduga adanya bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Ilustrasi meteor. (Shutterstock)
Ilustrasi meteor. (Shutterstock)

 

Balwan bahkan takut untuk memegangnya, namun tidak dengan warga lainnya yang menduga benda misterius tersebut meteor yang jatuh dari langit dan mengira akan sangat mahal harganya.

Beberapa warga memutuskan untuk membawa pulang sedikit pecahan benda tersebut dan dimasukkan ke dalam kulkas mereka.

Namun, Balwan yang penasaran dengan hal itu melaporkannya ke kepala desa dan mendatangkan Satgas kriminal dan forensik untuk menyelidikinya.

Setelah berjam-jam akhirnya mereka memanggil ilmuwan dari Departemen Meteorologi India (IMD) mengambil sampel untuk diteliti.

Setelah itu diketahuilah bongkahan tersebut bukanlah meteor, melainkan tinja beku yang dibuang dari atas pesawat.

Terjadinya bongkahan tersebut akibat kecepatan jatuh dan temperatur dingin di udara, sehingga tinja yang dibuang dari atas pesawat akan membeku ketika mencapai daratan.

Mengetahui fakta yang sebenarnya, warga desa yang telah mengambil secuil bongkahan yang diduga meteor ini membersihkan kulkas dan benda-benda yang bersentuhan langsung dengan tinja beku tersebut.

Terkait

Terkini