Minggu, 25 Oktober 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 26 April 2019 | 21:59 WIB

Hitekno.com - Operator seluler, Smartfren dipastikan segera melakukan uji coba jaringan 5G di Indonesia pada bulan Juni 2019 mendatang. Serius menggarap teknologi anyarnya ini, Smartfren secara resmi menggandeng ZTE Corporation.

Hari ini, Jumat (26/4/2019) dalam event Business Forum RI - Tiongkok yang digelar di Beijing, China, Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, Chairman Smartfren, Gandi Sulistyanto, Chairman ZTE, Zixue, dan Presiden Direktur ZTE Corporation, Liang Weiqi telah menandatangani perjanjian kerja sama antar kedua perusahaan.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan sebagai rencana awal dari Smartfren untuk melakukan uji coba teknologi 5G di Indonesia.

Perjanjian kerja sama antara Smartfren dan ZTE Corporation ini disaksikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla serta beberapa Menteri dan pejabat pemerintahan RI lainnya.

Smartfren dan ZTE Corporation tanda tangan kerja sama uji coba jaringan 5G. (Smartfren)

 

Seperti yang diketahui, Smartfren saat ini tengah bersiap untuk melakukan uji coba jaringan 5G di Indonesia. Jaringan baru ini dipastikan akan bekerja super cepat menggantikan jaringan 4G sebelumnya.

Smartfren bersama ZTE Corporation sepakat untuk segera melakukan uji coba jaringan 5G di Indonesia dalam waktu dekat.

Sebagai bocoran, dalam gelaran Super OMG yang digelar di Bandung, Munir Syahda Prabowo selaku VP Technology Relations and Special Project Smartfren menyebutkan bahwa proses uji coba akan dilakukan pada bulan Juni 2019 mendatang.

Sayangnya, mengenai kapan dan di mana proses uji coba ini akan dilakukan masih menjadi rahasia. Pasalnya, pihak Smartfren hingga kini masih pelit berbicara mengenai hal tersebut.

Smartfren dan ZTE Corporation tanda tangan kerja sama uji coba jaringan 5G. (Smartfren)

 

Sangat yakin dengan teknologi anyarnya ini, Smartfren menyebut jika jaringannya saat ini sudah dapat disebut sebagai jaringan 4G LTE Advanced. Jaringan ini disebut-sebut sudah dilengkapi dengan berbagai faktor yang mendukung jaringan 5G nantinya.

Beberapa faktor tersebut antara lain, Carrier Aggregation (CA), Small Cell, MiMo dan QAM, Beam Forming, dan Full Duplex. Dari keseluruhan faktor ini, Smartfren hanya kurang didukung oleh Milimeter Wave yang merupakan faktor penting pada jaringan 5G.

Namun, kurangnya salah satu faktor ini akan segera teratasi dengan bentuk kerja sama antara Smartfren dan ZTE Corporation untuk uji coba jaringan 5G ini.

Sudah tidak sabar mencoba jaringan 5G dari Smartfren? Nantikan perilisan resminya ya.

BACA SELANJUTNYA

Smartfren Bareng Mobil Internet Gratis Yogyakarta Sukseskan Belajar Online