Selasa, 26 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 12 April 2019 | 16:45 WIB

Hitekno.com - Baru-baru ini salah satu netizen di Twitter mencuitkan soal tugu atau monumen yang unik yang baru ia ketahui, yaitu Tugu Fotokopi.

Netizen @ririnyz yang mengaku dari Padang, Sumatera Barat ini baru mengetahui bahwa di kampung halamannya terdapat tugu unik berbentuk mesin fotokopi.

Kalau biasanya tugu merupakan monumen bersejarah yang sengaja dibangun untuk memperingati satu hal, namun tugu ini justru memiliki bentuk yang berbeda.

Usut punya usut, Tugu Fotokopi ini dibangun tanpa alasan lho. Yap kebanyakan yang membuka usaha fotokopi mayoritas adalah warga Padang yang merantau.

Menurut netizen yang mengunggah juga menjelaskan bahwa ia baru sadar selama tinggal di Bandung pemilik usaha fotokopi didominasi oleh orang Padang.

Tugu fotokopi. (Twitter/@ririnyz)

 

Karena faktor itulah dibangun tugu fotokopi ini sebagai lambang pemersatu para perantau yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatera yang membuka usah fotokopi dengan penduduk di kampung.

Tugu yang terletak di daerah Atar, Padang Ganting, Tanah Datar Sumatera Barat kini dikenal banyak orang dan mendapat banyak komentar dari netizen di Twitter.

@fauzhanazhima ''deket kampungku ini wkwkw bukan di jalan lintas sumatera jg sih malah masih di jalan kabupaten tanah datar, mungkin ya karena itu org2 jg bnyak yg ga tau''

@aaasriii ''Jangan sedih bro... di Subang, Jawa Barat kampung halaman gw, malahan ada Tugu Setum.''

@selena_wahyuni ''Wah iya hahaha. Terus pengusaha fotokopi dari Padang ini bisa dibilang menguasai Jawa Barat yah. Sampai di desa2 ada orang Padang yg buka usaha fotokopi besar''

@kristo_ro ''Pantes di tempat fotocopy 24 jam di Rawamangun kok semua cakap logat padang. Ternyata di kampuang nya ada tugu nya.''

Unggahan mengenai Tugu Fotokopi di Padang, Sumatera Barat  ini lantas viral di Twitter dengan lebih dari 4,3 ribu retweets dan 3,8 ribu likes.