Kamis, 22 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 04 April 2019 | 21:45 WIB

Hitekno.com - Google Assistant baru-baru ini meluncurkan cameo suara selebriti pertama, John Legend untuk waktu yang terbatas.

Tak ditentukan hingga kapan, artis pemenang Grammy ini akan menyanyikan lagu ''Selamat Ulang Tahun'' untuk pengguna, memberikan prakiraan cuaca hingga menjawab pertanyaan seperti ''Siapa itu Chrissy Teigen?''

Pemiliki nama asli John Roger Stephens ini merupakan salah satu dari enam suara di Google Assistant yang baru dalam tahap pratinjau untuk Google I/O 2018.

Di mana perusahaan memberikan demo model sintesis pidato WaveNet.

Dilansir dari The Verge, fitur suara John Legend ini didukung oleh kecerdasan buatan DeepMind Google, sedangkan WaveNet bekerja dengan mengambil sampel ucapan manusai dan secara langsung memodelkan bentuk gelombang audio darinya.

Gelombang audio tersebut akan diolah hingga menciptakan suara yang terdengar lebih realistis.

Pengisi suara Google Asisten John Legend. (YouTube/Google)

 

''WaveNet memungkinkan kami untuk mempersingkat waktu studio, bahkan model ini benar-benar dapat menangkap kekayaan suaranya'' sebut CEO Google Sundar Pichai di atas panggung.

Google sendiri memiliki John Legend dapat mencatat jawaban untuk beberapa petunjuk pilihan seperti ''Hei Google, serenade saya'' atau Hei Google apakah kita hanya orang biasa?''

Untuk mengaktifkan suara John Legend di Google Assistant, pengguna hanya dapat mengatakan ''Hei Google, berbicara seperti Legend''

Pengisi suara Google Asisten John Legend. (YouTube/Google)

 

Atau pengguna bisa menggunakan cara lain dengan membuka pengaturan mereka untuk beralih ke suaranya.

Fitur ini hanya tersedia dalan bahasa Inggris di AS awalnya, namun tak menutup kemungkinan beberapa wilayah lain dapat mengaktifkan fitur suara John Legend di Google Assistant mereka kedepannya.

BACA SELANJUTNYA

Font Google Dipakai untuk Spanduk, Warung Gorengan Ini Curi Perhatian