Jum'at, 23 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 02 April 2019 | 12:00 WIB

Hitekno.com - Kabar mengejutkan bagi penggemar buku-buku fiksi seperti Harry Potter. Pasanya, sekelompok pastor atau romo gereja Kalotik di Polandia menganggap buku Harry Potter sebagai berhala.

Tak hanya melabeli seabgai berhala, romo Katolik di Polandia ini sampai membakar sejumlah patung, topeng, dan buku Harry Potter tersebut. Apa yang dilakukan romo Katolik Polandia ini hingga viral di Facebook.

Seperti diwartakan AFP, Senin (1/4/2019), aksi pembakaran itu dipamerkan para romo itu di sebuah akun Facebook sembari mengutip beberapa ayat dari Alkitab sebagai dalil.

''Kami mematuhi firman Tuhan,'' tulis mereka dalam foto-foto pembakaran buku-buku itu.

Selain itu, para romo Katolik tersebut juga mengutip ayat dalam Alkitab yang berisi perintah untuk membakar ''berhala-berhala mereka di dalam api.''

Romo Katolik Bakar Buku Harry Potter. (Facebook/ Fundacja SMS Z NIEBA)

 

Foto-foto aksi pembakaran yang diunggah dalam laman Facebook bernama ''SMS dari Surga'' (Fundacja SMS Z NIEBA) segera memicu kontroversi dan segera jadi viral di Facebook .

Dalam foto-foto itu terlihat tiga orang romo membawa sebuah kotak berisi buku, topeng bergaya Afrika, payung Hello Kitty, dan patung-patung Hindu untuk dibakar.

Romo Katolik Bakar Buku Harry Potter. (Facebook/ Fundacja SMS Z NIEBA)

 

Gereja Polandia yang dihubungi AFP mengakui peristiwa itu, tetapi menolak untuk memberikan komentar. Sementara paroki tempat pembakaran itu berlangsung tak menjawab panggilan telepon.

Menurut stasiun televisi lokal, TVN24, peristiwa itu terjadi pada Minggu (31/3/2019) di Gdansk, sebuah kota di utara Polandia.

Serorang romo Katolik yang diwawancarai stasiun televisi tersebut menjelaskan buku-buku serta objek lain yang dibakar dalam ritual itu dinilai membawa energi negatif. (Suara.com/ Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Jual Nasi Goreng Tanpa Nasi, "Warung" Ini Bikin Netizen Komentar Kocak