Senin, 23 September 2019

Menurut Menkominfo, Jumlah Berita Hoax Terus Bertambah Tiap Bulan

Bulan Februari 2019 ditemukan 353 hoax.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Rudiantara dan proyek Palapa Ring. (Kominfo)

Hitekno.com - Berita hoax masih menjadi polemik tersendiri yang meresahkan masyarakat. Bahkan perkembangan hoax dari tiap bukan selalu bertambah jumlahnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantaramenghadiri acara talkshow bertajuk 'Politik Tanpa Hoax' yang diselenggarakan Suara.com di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Bahkan Menkominfo menyebut jumlah berita hoax di Indonesia terus meningkat per bulannya.

Rudiantara mengungkapkan bahwa tidak mudah untuk memvalidasi sebuah berita yang disebut berita hoax. Karena proses untuk menyimpulkan informasi tersebut harus mendapatkan masukan juga dari sumber-sumber valid. 

''Jadi Kominfo tidak akan pernah memberi cap hoax kalau kita tidak bisa memberikan informasi; ini loh yang benar, yang ini yang hoax,'' tuturnya. 

Menkominfo RI, Rudiantara. [Suara.com / Ria RIZKI]
Menkominfo RI, Rudiantara. [Suara.com / Ria RIZKI]

 

''2018 bulan Agustus lalu, kita temukan 25 hoax. Bulan Desember meningkat sudah 75 hoax, lalu Januari (2019) sudah 175 hoax dan Februari 353 hoax,'' ungkapnya. 

Rudiantara mengungkapkan kalau pembersihan berita hoax tidak bisa dilakukan oleh Kominfo sendirian, melainkan bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait.

Ada sejumlah cara yang menurutnya kini bisa diterapkan untuk membersihkan berita-berita hoax tersebut.

Salah satunya ialah dengan menurunkan berita hoax tersebut atau takedown, kemudian juga bisa dengan menggunakan literasi tentang yang berkaitan dengan hoax.

Adapun adanya tindakan nyata yakni penerapan Undang-Undang ITE oleh para penegak hukum.

''Jadi ada yang cukup di-takedown, ada yang bisa berlanjut ke penegakan hukum di dunia nyata. Kalau ini banyak dilakukan, pasti banyak orang kapok juga,'' pungkas Menkominfo. (Suara.com/ Ria Rizki Nirmala Sari).

Terkait

Terkini