Senin, 28 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 28 Maret 2019 | 16:00 WIB

Hitekno.com - April Mop identik dengan hari jahil sedunia atau hari dimana siapa saja bebas mengerjai, namun secara tegas Microsoft melarang karyawanya melalukan hal tersebut. 

Kabar tersebut diumumkan Chris Capossela selaku Kepala Pemasaran Microsoft yang memperingati semua karyawan untuk tidak berpartisipasi dalam aksi tersebut.

Tak main-main, Dilansir dari The Verge, pengumuman pelarangan tersebut disampaikan melalui surat internal dan diperoleh serta diverifikasi. Dalam surat tersebut, Capossela mengatakan bahwa data menunjukkan aksi April Mop tersebut memiliki kerugian daripada keuntungan bagi perusahaan dan ia menghimbau semua tim di dalam Microsoft untuk tidak melakukan aksi April Mop terhadap publik.

"Saya menghargai bahwa orang mungkin telah mencurahkan waktu dan sumber daya untuk kegiatan ini, tetapi saya percaya kita memiliki lebih banyak kerugian daripada mendapatkan keuntungan dengan mencoba menjadi lucu pada hari April Mop," ucap Capossela.

April Mop yang dilakukan beberapa perusahaan teknologi beberapa tahun lalu dan menjadi bumerang. Saat itu, Google terpaksa meminta maaf karena menambahkan minions dari seri film Despicable Me ke email dan membisukan utas, prank tersebut menyebabkan kekacauan email bagi pengguna Gmail.

Microsoft juga telah berpartisipasi dalam banyak lelucon April Mop selama bertahun-tahun, termasuk ponsel MS-DOS untuk Windows Phone dan penghinaan terhadap Google.

Salah satu kantor Microsoft. [Shutterstock]

 

Berikut ini isi dari surat internal yang dilayangkan Capossela untuk seluruh karyawan Microsoft:

Hai semuanya,

Ini adalah tahun ketika perusahaan teknologi mencoba menunjukkan kreativitas mereka dengan melakukan aksi April Mop. Terkadang hasilnya lucu dan terkadang tidak. Bagaimanapun, data memberi tahu kita bahwa aksi ini memiliki dampak positif yang terbatas dan benar-benar dapat menghasilkan siklus berita yang tidak diinginkan.

Mempertimbangkan hal tersebut, saya meminta semua tim di Microsoft untuk tidak melakukan aksi di hari April Mop terhadap publik. Saya menghargai bahwa orang mungkin telah mencurahkan waktu dan sumber daya untuk kegiatan ini, tetapi saya percaya kita memiliki lebih banyak kerugian daripada keuntungan dengan mencoba menjadi lucu pada hari tersebut.

Harap teruskan ke tim dan mitra internal Anda untuk memastikan mereka mengetahui permintaan untuk mundur dari kegiatan April Mop.

Kalau kamu sudah ada rencana mengikuti tradisi April Mop ini tidak ya?(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Punya Layar 12,5 Inci, Microsoft Siapkan Laptop Surface Kelas Menengah