Kamis, 22 Oktober 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 08 Februari 2019 | 12:45 WIB

Hitekno.com - Modus penipuan saat ini memang beragam, dari yang langsung sampai yang memilih menggunakan media. Belum lama ini, penyiar radio kenamaan, Gofar Hilman membagi kisahnya saat mendapat pesan penipuan dari WhatsApp. Netizen Twitter lalu membagikan berbagai sms penipuan lainnya yang sering terjadi.

Pengalaman Gofar Hilman saat mendapat sms penipuan ini ia bagikan pertama kali dalam cuitan pada Selasa (05/02/2019) lalu.

Pesan penipuan ini rupanya datang dari PT WhatsApp. Perusahaan berbagi pesan ini rupanya memberikan hadiah 1 unit mobil Honda Mobilio pada Gofar Hilman.

Mengenai info hadiah yang dirinya dapat, si penerima pesan hanya perlu untuk mengunjungi link yang disertakan dalam pesan penipuan ini.

Pesan penipuan. (twitter/pergijauh)

 

Tidak menanggapi sms penipuan tersebut, Gofar Hilman memilih untuk mengunggahnya di akun Twitter pribadinya @pergijauh.

Unggahannya ini lalu banjir komentar netizen yang ikut pamer sms penipuan yang sering kali terjadi.

Netizen dengan akun @ahmadmbrck misalnya. Mendapat pesan dari PT LASADA, dirinya mendapat cek seharga Rp 55 juta. Hal ini jelas sangat mencurigakan, mengingat nama sebenarnya dari perusahaan ini adalah PT Lazada.

Pesan penipuan. (twitter/ahmadmbrck)

 

Selain mendapat hadiah dari PT LASADA, ada pula netizen yang mendapat hadiah ratusan juta dari PT Shopee. Tertarik nggak?

Pesan penipuan. (twitter/ekdynnrmn)

 

Makin absurd, netizen dengan akun @xzivn membagikan kisahnya saat mendapat sms penipuan dari seseorang bernama Nurjanah yang menawarkan uang ghaib untuknya.

Pesan penipuan. (twitter/xzivn)

 

Baru mengisi pulsa, netizen dengan akun @Deavolenta ini dibuat terkejut ketika mendapat pesan hadiah dari PT M-Kios. Total hadiahnya menggiurkan lho, yaitu senilai Rp 175 juta.

Pesan penipuan. (twitter/Deavolenta)

 

Mau menipu tapi malah typo, sms penipuan yang didapat oleh @daelamyfrds ini malah mengalami salah penulisan berkali-kali.

Pesan penipuan. (twitter/daelamyfrds)

 

Bosan karena terus-terusan mendapat sms penipuan, netizen dengan akun @ArifudinNoval ini malah membiarkan seluruh pesan penipuan tersebut dan tidak menghapusnya. Koleksi katanya.

Pesan penipuan. (twitter/ArifudinNoval)

 

Menanggapi maraknya sms penipuan yang sering terjadi di masyarakat. Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis himbauan agar masyarakat segera melapor jika mendapat pesan serupa.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat laporan pada layanan FCC OJK dengan nomor 1-500-655 atau dengan mengirimkan screen capture sms tersebut ke konsumen@ojk.go.id.

Pesan penipuan. (twitter/Imam_Martdani)

 

Next time, jika kamu mulai terganggu dengan berbagai sms penipuan ini, langsung buat laporan ke Otoritas Jasa Keuangan ya.

BACA SELANJUTNYA

Unboxing iPhone 11 Pro Max, Gofar Hilman: Biasa Aja