Rabu, 05 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Minggu, 23 Desember 2018 | 10:12 WIB

Hitekno.com - Pada Sabtu (22/12/2018), beberapa wilayah pantai di Selat Sunda dan daerah pantai di kawasan Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan baru saja diterjang tsunami sekitar pukul 21.27 WIB. Pagi ini, netizen Twitter ramaikan kolom Trending Topik Indonesia dengan berbagai doa dalam hashtag PrayFor.

Dampak dari tsunami yang terjadi ini menyebabkan korban jiwa dan beberapa kerusakan di lokasi kejadian.

Dilansir dari Suara.com, data sementara hingga Minggu (23/12/2018) pukul 07.00 WIB, tercatat ada 43 orang meninggal dunia, 584 orang luka-luka, 2 orang hilang, dan ratusan bangunan mengalami kerusakan.

Mengenai penyebab terjadinya tsunami ini dijelaskan oleh Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam akun Twitter-nya.

Menurutnya, pihak BMKG hingga saat ini masih melakukan penelitian lebih lanjut. Namun, dapat dipastikan tsunami yang terjadi bukan dipicu oleh gempa bumi, karena tidak terdeteksi adanya aktivitas tektonik yang terjadi.

Kemungkinan, tsunami ini terjadi akibat longsor bawah laut karena pengaruh erupsi Gunung Anak Krakatau yang kemudian memicu gelombang pasang akibat pengaruh bulan purnama.

Tsunami Selat Sunda. (Twitter)

 

Menanggapi tsunami yang terjadi di Selat Sunda ini, beberapa hashtag PrayFor mendominasi kolom Trending Topik Indonesia di Twitter.

Di urutan pertama ditempati oleh hashtag #PrayForAnyer dengan lebih dari 12 ribu tweets, sedangkan di urutan kedua ditempati oleh hashtag #PrayForBanten dengan lebih dari 2.000 tweets, dan urutan ketiga ditempati hashtag #PrayForLampung dengan 2.116 tweets.

Menggunakan hashtag tersebut, berbagai netizen Twitter ikut menyampaikan doanya bagi para korban dan tsunami di Selat Sunda ini.

''#PrayForAnyer My deepest condolences to the families of the victims. I'm sorry I can't do anything but sending my prayers toward all of you. Please stay safe wherever you're and may God always by your side. Amen'' tulis netizen dengan akun @jinujinuyeah.

''#PrayForAnyer Turut berduka untuk keluarga korban. Maafkan saya tidak bisa melakukan apa-apa namun hanya mengirimkan doa untuk kalian semua. Semoga selalu aman dan semoga Tuhan selalu berada di sisimu. Amin''

''Innalillahi... Turut berduka cita. Alfatihah... #PrayForAnyer #PrayForBanten'' tulis pemilik akun @Sirob_adw23.

''turut berduka cita atas musibah tsunami yang terjadi di selat sunda. semoga semuanya diberi kekuatan #PrayForBanten #PrayForAnyer #PrayForLampung'' komentar netizen dengan akun @najlahelga.

Selain ketiga hashtag di atas, hashtag mengenai #tsunami juga masuk dalam kolom Trending Topik Indonesia dengan total 12 ribu cuitan.

BACA SELANJUTNYA

Pola Buka Kunci HP Ini Bikin Netizen Geleng Kepala, Bisa Hafal?