Rabu, 01 April 2020

Viral Gedung Hanyut di Sungai, Ini Fakta Sebenarnya

Ternyata bukan hanyut, namun memang sengaja dibuat mengapung.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Disangka gedung hanyut di sungai, padahal bukan. (YouTube/CoolChina)
Disangka gedung hanyut di sungai, padahal bukan. (YouTube/CoolChina)

Hitekno.com - Sempat viral sebuah video menampilkan gedung bertingkat hanyut di sebuah sungai. Padahal tidak ada banjir, maupun bencana di tempat tersebut.

Video ini menjadi viral di media sosial Cina dan akhirnya tersebar secara global. Nampak sebuah bangunan besar bergerak di sungai Yangtze di Chongging, Cina.

Namun faktanya, gedung ini tidaklah hanyut di sungai. Melainkan sebuah gedung restoran bertingkat yang mengapung di atas sungai.

Disangka gedung hanyut, ternyata sebuah restoran mengambang di atas sungai. (YouTube/CoolChina)
Disangka gedung hanyut, ternyata sebuah restoran mengambang di atas sungai. (YouTube/CoolChina)

 

Bangunan restoran ini dibangun di atas sebuah kapal yang bergerak di atas sungai Yangtze. Restoran mengapung ini sudah sempar beroperasi beberapa hari.

Dilansir dari chinadaily, Restoran mengapung ini adalah milik Yang Qingfu. Bukan gedung hanyut di sungai seperti yang banyak dikira sebelumnya.

Pria 51 tahun ini menghabiskan dana 50 ribu yuan atau sebesar Rp 100 jutaan untuk membeli perahu dan membangunnya menjadi restoran.

Restoran ini menyajikan masakan dari ikan yang Yang Qingfu tangkap. Diketahui, pria ini memang berprofesi sebagai nelayan.

Namun sayangnya, pihak otoritas setempat akhirnya melarang operasional restoran mengapung ini dengan alasan polusi yang ditimbulkan dianggap mengancam lingkungan.

Pria ini juga mematuhinya, bukan cuma karena alasan pencemaran lingkungan. Namun karena bisnis restorannya ini kurang begitu menguntungkan.

Namun kisah gedung hanyut di sungai yang ternyata restoran ini terlanjur menjadi viral di media sosial Cina.

Terkait

Terkini