Selasa, 22 September 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 29 September 2018 | 08:00 WIB

Hitekno.com - Google Earth memudahkan penggunanya untuk melihat Bumi melalui citra satelit.  Bahkan untuk mencati lokasi-lokasi yang belum pernah mereka kunjungi. Namun tidak untuk fasilitas militer, Google wajib memberikan sensor.

Namun sepertinya Google Earth kelupaan untuk menambahkan sensor blur pada fasilitas militer Belgia. Alhasil, Google dituntunt Belgia.

Kementerian Pertahanan Belgia akan menggugat Google karena tak menuruti permintaan untuk memburamkan foto-foto fasilitas militer sensitif yang dimuat Google Earth.

Update Google Maps. (vishwacommunications.com)

 

Seperti yang diwartakan Reuters, Jumat (28/9/2018), Kementerian Pertahanan Belgia mengaku sudah meminta Google untuk memburamkan foto-foto yang menggambarkan beberapa fasilitas militer seperti pangkalan angkatan udara dan pembangkit listrik tenaga nuklir.

"Kementerian pertahahanan akan menggugat Google," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Belgia, sembari menambahkan bahwa gugatan itu dilayangkan atas pertimbangan keamanan nasional.

Google biasanya menuruti permintaan serupa dari negara-negara lain, dengan pertimbangan keamanan. Google sendiri belum menanggapi gugatan Belgia itu.

Tulisan mengenai Google Earth yang dituntut Belgia karena tidak memberikan sensor di fasilitas militer ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Tak Buramkan Foto Situs Militer, Google Digugat.

BACA SELANJUTNYA

Hilangkan Jejak, Ini Cara Menghapus Histori Lokasi Google