Senin, 25 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 26 September 2018 | 10:00 WIB

Hitekno.com - Media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram saat ini tidak hanya diperuntukan untuk media hiburan saja atau penghilang rasa penat, namun secara tidak sadar kehadirannya sangatlah penting untuk kita mendapatkan informasi yang tercepat.

Seiring dengan maraknya bencana alam seperti banjir, gempa bumi dan topan yang terjadi di Asia, secara resmi Twitter mengeluarkan tips cara memanfaatkan Twitter dalam keadaan darurat tersebut.

Seperti yang dilansir HiTekno.com dari blog resmi milik Twitter Indonesia, ''bahwa Twitter dan platform media sosial lainnya dapat membantu melacak bencana alam secara real time serta memberikan informasi bagi para petugas terkait terkait area mana yang perlu diprioritaskan dalam penerimaan bantuan''.

Bahkan di beberapa negara di Asia, Twitter dan Twitter Lite menjadi platform kritikal bagi warga untuk berkomunikasi dan mengakses berbagai informasi penting.

Penasaran kan bagaimana tips memanfaatkan Twitter di saat keadaan darurat dan terjadi bencana alam? Simak yuk.

1. Ikuti sumber terpercaya dan organisasi media untuk dapat kabar secara real time

Platform Twitter adalah tempat kamu mengetahui kabar apa saja yang sedang terjadi di dunia secara real time.

Untuk itu kamu juga harus mengikuti akun resmi, contohnya seperti akun Palang merah Indonesia, akun resmi BMKG, BPBD daerah tempat kamu tinggal dan masih banyak yang lainnya.

Akun tersebut harus benar-benar terverifikasi dari Twitter ya, yaitu memiliki centang biru di akun tersebut.

2. Gunakan Twitter Lite untuk menghemat data

Twitter Lite menjadi platform ideal untuk mengetahui informasi terkini dalam keadaan darurat, lebih cepat dan ramah data.

Pembaruan di Twitter saat situasi darurat akan bisa diakses melaui Twitter Lite yang dapat diakses secara offline.

Twitter Lite ini dapat diunduh di Google Play Store untuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan di browser web untuk semua negara lain.

3. Pakai tagar yang tepat

Membubuhkan tagar adalah cara terbaik bagi orang-orang untuk menemukan informasi dan percakapan tentang suatu topik tertentu.

Tagar juga digunakan oleh akun media, lembaga pemerintah dan organisasi bantuan/relawan untuk mempermudah hal apa saja yang terjadi di satu tagar tersebut.

Contohnya seperti tagar #ThaiCaveRescue lalu, tentang penyelamatan anak-anak di Thailand yang terjebak di gua, dengan tagar tersebut semua orang di dunia dapat mengikuti kabar terbaru mengenai hal tersebut hanya dengan mencari tagar tersebut di kolom pencarian Twitter.

4. Jika memerlukan bantuan, sertakan atau tandai media, lembaga pemerintah dan organisasi sukarelawan lainnya

Jangan lupa tandai akun lembaga pemerintah yang kamu butuhkan, agar cuitan yang kamu buat di Twitter dapat diketahui oleh pihak terkait.

Contohnya seperti kamu membutuhkan kantong darah jenis dan sebanyak ini kamu bisa menandai akun palang merah indonesia di daerah terdekat dengan kamu.

5. Ikuti perkembagan terkini dengan Twitter Moments

Salah satu fitur Twitter Moments ini adalah kumpulan tweet yang sudah dikurasi terkait topik yang ramaai terjadi di Twitter.

Twitter Moments membantu menampilkan topik terkini dan populer terkait isu yang sedang berlangsung dengan cepat.

Dengan hal ini, pihak Twitter berharap informasi di atas dapat memungkinkan lebih banyak pengguna di Asia yang ikut berpartisipasi dalam upaya penyelamatan dan pertolongan ketika ada yang membutuhkan saat terkena bencan alam.