Senin, 25 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 20 September 2018 | 19:30 WIB

Hitekno.com - Di dunia digital zaman sekarang pasti tidak luput dari yang namanya hacker yang berusaha mengambil data-data pribadi kamu melalui dunia maya. 

Yang nantinya data ini dapat mereka salahgunakan untuk berbagai macam tujuan, salah satunya penipuan hingga dijual.

Serangan hacker ini bisa datang dari berbagai tempat, salah satunya jaringan WiFi umum seperti bandara, stasiun atau tempat makan.

Bahkan ketika gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia lalu, sebanyak 7.176 dari sekitar 32.000 jaringan Wi-Fi publik di kota penyelenggara Piala Dunia 2018 di Rusia tahun ini berisiko terkena serangan hacker.

Untuk kamu yang ingin mencegah hal itu terjadi, berikut HiTekno kasih tips untuk bertahan dari serangan hacker, yuk simak.

Hati-hati saat membuka email yang bersifat Spam

Ilustrasi Spam. (saleshandy.com)

 

Email merupakan salah satu strategi hacker untuk mengakses informasi pribadi pengguna bahkan mengendalikan sistem sepenuhnya.

Pesan email yang terlihat seperti pesan sah ini akan mengarahkan kamu untuk menyerang pengguna seperti meniru perusahaan atau merek nasional.

Pilih gadget dengan tingkat keamanan tinggi

Ilustrasi Technology News World

 

Biasanya semakin lama sebuah gadget akan mempengaruhi tingkat keamanan, jadi pilihlah jenis gadget yang memiliki tingkat keamanan tinggi.

Perangkat tersebut seperti Chromebook, iPad atau Windows 10 S, sejumlah perangkat ini dilengkapi dengan keamanan yang melindungi kamu dari serangan hacker.

Pakai VPN (Virtual Private Network)

Ilustrasi VPN. (accelerator)

 

Untuk menghemat kuota internet, biasanya kamu sering sekali mengakses WiFi umum yang gratis.

Namun, kamu harus berhati-hati menggunakan titik akses WiFi publik tersebut, kalau kamu hendak menggunakan akses tersebut sebaiknya kamu gunakan virtual private network atau VPN yang akan memastikan enkripsi kamu tidak mudah terbaca oleh para hacker.

Langkah mudah ini sebaiknya kamu terapkan untuk kamu yang biasanya memakai internet dengan jaringan WiFi umum agar terhindar dari serangan hacker.